Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-12

Tokyo Metro 3000 - 東京メトロ3000系

Tokyo Metro 3000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Hibiya antara stasiun Naka-meguro dengan stasiun Kita-senju, dan melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Tokyu Toyoko hingga stasiun Kikuna dan Tobu Isesaki hingga stasiun Tobu Dobutsu-koen, yang berpangkal di dipo Minami-senju.

KRL ini pada awalnya diproduksi sebanyak 66 set rangkaian 4 kereta dan 10 set rangkaian 6 kereta yang keseluruhannya berjumlah 324 unit kereta, dan secara bertahap ditambahkan kereta baru selama beberapa tahun fiskal. Sistem penggerak utamanya adalah penggerak jenis banya shunt yang mirip dengan penggerak rheostatik.

Foto KRL Tokyo Metro 3000:



KRL ini dirakit oleh pabrik Nippon Sharyo, Kawasaki Heavy Industries, Kinki dan Tokyu dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 4-8 kereta/4-8両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 4,0 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Hibiya/地下鉄日比谷線: 70 km/h
- Jalur Tobu Isesaki/東武伊勢崎線: 95 km/h
- Jalur Tokyu Toyoko/東急東横線: 90 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 120 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 128 orang/人 (56 tempat duduk/座席)

7. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

8. Lebar kereta/全幅 : 2.790 mm (2,79 m)

9. Tinggi kereta/全高 :
- 3.730 mm (batch 1-7/1 - 7次車)
- 3.875 mm (batch 8-9/8・9次車)
- 3.995 mm (kereta berpantograf/パンタグラフ付き車両全車)

10. Massa per kereta/車両質量 : 31,0 - 33,0 ton

11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

13. Keluaran daya/編成出力 : 2.400 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 98:15 (6,53)

17. Pengendali/制御装置 : Banya shunt/バーニヤ抵抗制御方式

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : FS-336, FS-348, FS-510

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC 連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro/Tokyu WS-ATC, Tobu ATS, ATO

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah:
- 30xx - 40nn - 40(nn-1) - 30(xx+1) untuk rangkaian 4 kereta dengan konfigurasi CM1-M2-M1-CM2 (4M0T),
- 30xx - 40nn - 45yy - 45(yy+1) - 40(nn-1) - 30(xx+1) untuk formasi 6 kereta dengan konfigurasi CM1-M2-M1-M2-M1-CM2 (6M0T),
- 30xx - 40nn - 45yy - 35zz - 35(zz-1) - 45(yy+1) - 40(nn-1) - 30(xx+1) untuk rangkaian 8 kereta dengan konfigurasi CM1-M2-M1-M2-M1-CM2 (8M0T), yang mana
xx, yy, zz, nn merupakan angka dari 01 hingga 78 namun kesemuanya saling berbeda satu dengan yang lainnya.

Keterangan:

CM1 = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
CM2= kereta dengan motor traksi penggerak berkabin masinis, tanpa pantograf
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
4M0T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan tidak memiliki kereta tanpa motor traksi
6M0T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan tidak memiliki kereta tanpa motor traksi
8M0T = rangkaian dengan 8 kereta bermotor traksi dan tidak memiliki kereta tanpa motor traksi

Catatan:

Beberapa set dari KRL Tokyo Metro 3000 yang sudah tidak beroperasi di jalur Hibiya dijual kepada Nagano Electric Railway (Nagaden) dengan formasi dua kereta yang diubah menjadi seri 3500 (CM1-CM2) dan tiga kereta yang diubah menjadi seri 3600 (CT-M2-CM1), dengan rincian sebagai berikut:

Seri 3500

MoHa 3501 - MoHa 3511, berasal dari kereta KuMoHa 3001 - KuMoHa 3002
MoHa 3502 - MoHa 3512, berasal dari kereta KuMoHa 3043 - KuMoHa 3044
MoHa 3503 - MoHa 3513, berasal dari kereta KuMoHa 3049 - KuMoHa 3050
MoHa 3504 - MoHa 3514, berasal dari kereta KuMoHa 3059 - KuMoHa 3060
MoHa 3505 - MoHa 3515, berasal dari kereta KuMoHa 3061 - KuMoHa 3062
MoHa 3506 - MoHa 3516, berasal dari kereta KuMoHa 3065 - KuMoHa 3066
MoHa 3507 - MoHa 3517, berasal dari kereta KuMoHa 3051 - KuMoHa 3052
MoHa 3508 - MoHa 3518, berasal dari kereta KuMoHa 3039 - KuMoHa 3040
MoHa 3521 - MoHa 3531, berasal dari kereta KuMoHa 3031 - KuMoHa 3032
MoHa 3522 - MoHa 3532, berasal dari kereta KuMoHa 3037 - KuMoHa 3038
MoHa 3523 - MoHa 3533, berasal dari kereta KuMoHa 3041 - KuMoHa 3042
MoHa 3524 - MoHa 3534, berasal dari kereta KuMoHa 3077 - KuMoHa 3046
MoHa 3525 - MoHa 3535, berasal dari kereta KuMoHa 3057 - KuMoHa 3058
MoHa 3526 - MoHa 3536, berasal dari kereta KuMoHa 3075 - KuMoHa 3076

Seri 3600

KuHa 3651 - MoHa 3601 - MoHa 3611, berasal dari kereta KuMoHa 3053 - MoHa 3523 - KuMoHa 3054
KuHa 3652 - MoHa 3602 - MoHa 3612, berasal dari kereta KuMoHa 3055 - MoHa 3571 - KuMoHa 3056
KuHa 3653 - MoHa 3603 - MoHa 3613, berasal dari kereta KuMoHa 3067 - MoHa 3527 - KuMoHa 3068

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 3000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar