Rangkaian yang digunakan sebagai rangkaian utama dalam pengoperasian terakhir ini adalah rangkaian 9001F, yang mana di muka KRL tersebut ditempatkan tanda bertuliskan "FINAL RUN TOYOKO LINE 1986-2013" dengan latar belakang biru gelap. Tidak hanya itu saja, pada salah satu unit lainnya terpasang emblem berbentuk bulat di sisi sebelah kanan dengan tulisan "SAYONARA TOYOKO LINE 9000 SERIES FINAL RUN 1986-2013" yang disertai logo Tokyu Corporation.
Pengoperasian terakhir ini dilakukan mengingat tidak lama lagi lintas Toyoko diproyeksikan sebagai lintas yang memiliki layanan terusan/thru service dari 4 operator sekaligus, yaitu Tokyu, Tokyo Metro (dari jalur Fukutoshin & Hibiya), Tobu (dari jalur Tojo) dan Seibu (dari jalur Ikebukuro).
Tentu saja keberadaan seri 9000 sendiri sudah hampir tergeser dikarenakan kebijakan operator-operator penyedia layanan terusan tersebut, dan juga mutasi terhadap beberapa unit seri 9000 sebelumnya telah dilakukan sebagai pengganti seri 8090 yang sudah hampir habis masa operasinya di lintas Oimachi (saat ini seri 8090 hanya tersisa 3 rangkaian yaitu 8081F, 8097F dan 8099F) dalam rangka peremajaan armada operasional.
Hingga saat tulisan ini dimuat, unit DeHa 9300, SaHa 9700 dan SaHa 9800 dari seluruh rangkaian seri 9000 yang tersisa sedang diproses untuk segera dirucat, yang mana tersisa 5 unit kereta lainnya yang kemudian akan digunakan untuk pengoperasian di lintas Oimachi.
Berikut ini beberapa dokumentasi yang penulis peroleh dari salah satu sumber terpercaya:
Tokyu seri 9000, Toyoko Line final run
9000系、東横線の最終運転
Emblem muka tanda pengoperasian terakhir
9000系の最終運転ヘッドマーク
Untuk memperingati pengoperasian terakhir seri 9000 di lintas Toyoko, penulis secara khusus akan membahas seri ini di lain kesempatan berikut dengan formasi lengkapnya.
Demikianlah informasi yang dapat penulis berikan saat ini, semoga bermanfaat.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus