Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-01-29

Echizen Railway 7000 - えちぜん鉄道7000系

Pada kesempatan ini, penulis akan memberikan tulisan tentang rangkaian Echizen Railway seri 7000 yang belum lama ini mulai diuji coba, yang mana seri 7000 ini sendiri merupakan konversi dari eks rangkaian JR Central seri 119-5300.

Perbedaan utama antara rangkaian asli JR Central 119-5300 dengan seri 7000 ini adalah pada sistem penggerak, pantograf dan skema warna, di mana seri 7000 menggunakan sistem inverter statis VVVF-IGBT buatan Mitsubishi dengan 2 unit pantograf jenis single arm sebagai ganti sistem rheostatik dan 1 unit pantograf jenis kubus yang dimiliki seri 119 sebelumnya. Corak warna yang digunakan pun menyesuaikan dengan warna rangkaian Echizen Railway lainnya yaitu biru dan kuning dengan dasar putih.

Sekilas, bagian muka KRL ini lebih mirip dengan KRL milik Tobu Railway di mana tempat yang awalnya untuk penunjuk jurusan diubah menjadi tempat lampu semboyan muka atau semboyan 20, sekaligus menghilangkan lampu asli di bawah jendela muka kabin masinis. Sebagai gantinya, penampil jurusan diubah letaknya menjadi di sisi kanan atas jendela depan. Akan tetapi, pada bagian pintu samping tidak dilakukan modifikasi lanjutan, hanya mengubah warnanya menjadi kuning bergaris putih. Untuk pengamanan dari salju tebal, kedua ujung depan kereta turut dilengkapi dengan cowcatcher abu-abu.

Sebagai gambaran seperti apa bentuk KRL yang dibahas, berikut ini adalah salah satu dokumentasi dari seorang penggemar KA Jepang:

Echizen Railway 7000 seri 7001F saat diuji coba
えちぜん鉄道7000系7001編成の試運転にで

Rangkaian pertama yang diujicobakan ini berasal dari rangkaian R1 dengan konfigurasi berikut:

Kereta 1 (1号): KuMoHa (クモハ) 119-5318 => MC7001
Kereta 2 (2号): KuHa (クハ) 118-5311 => TC7002

Selain rangkaian R1, menurut kabar yang ada rangkaian R3 juga akan segera dialihkan, di mana konfigurasinya adalah:

Kereta 1 (1号): KuMoHa (クモハ) 119-5321 => MC7003
Kereta 2 (2号): KuHa (クハ) 118-5313 => TC7004

Rangkaian seri 7000 eks seri 119 batch 5300 ini diproyeksikan baik sebagai peremajaan armada yang ada maupun untuk menambah kapasitas angkut penumpang serta jumlah perjalanan per hari pada lintas milik Echizen Railway, yang mana nyaris seluruh jalurnya adalah jalur tunggal yang dielektrifikasi.

Keterangan:

MC = kereta bermotor traksi dengan pantograf dan kabin masinis
TC = kereta pengikut dengan kabin masinis

Demikianlah informasi yang dapat penulis berikan untuk saat ini, semoga bermanfaat.


Sumber data dan dokumentasi/車両データと画像原因:
1. Hidaka Medaka
2. manbow-sirius

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar