Seri 634 ini didesain khusus oleh Japan Transport Engineering Company (総合車両製作所) yang merupakan penamaan baru dari Tokyu Car Corporation (berdiri sejak 1948) dengan mengambil rangkaian 6177F dan 6178F dari Tobu seri 6050 sebagai basisnya, sehingga secara teknis sistem penggerak yang dipergunakan sama dengan seri 6050.
Akan tetapi, pada eksterior dan interior terdapat perbedaan yang mencolok, yaitu sepasang pintu di dekat kabin masinis telah dihilangkan dan diganti dengan bodi bertuliskan logo "SKYTREE TRAIN", kemudian interiornya berubah total dengan tidak lagi menggunakan model kursi yang berhadapan seperti KRD KiHa milik JR East, tetapi menggunakan model kursi busa dengan motif warna merah muda dan biru gelap ditambah dengan berbagai fasilitas ekstra yang tidak dimiliki seri 6050.
Seri 634 ini mulai beroperasi pada 27 Oktober yang lalu dengan tema "Tokyo Skytree Town" dan melayani operasi pada lintas Tobu Isesaki, Tobu Nikko & Tobu Kinugawa.
Gambaran KRL seri 634 tersebut adalah sebagai berikut:
Tobu 634, lintas Isesaki
634系、伊勢崎線
Spesifikasi dari KRL berbodi mild-steel ini adalah sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 2 kereta/2両編成
- 2 kereta/2両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 1,65 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 110 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- MoHa (モハ) 634-01: 150 orang/人 (72 orang/人 dengan tempat duduk khusus/うち座席)
- KuHa (クハ) 634-02: 145 orang/人 (68 orang/人 dengan tempat duduk khusus/うち座席)
- KuHa (クハ) 634-02: 145 orang/人 (68 orang/人 dengan tempat duduk khusus/うち座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 295 orang/人
8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.878 mm (2,878 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.200 mm (4,2 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- MoHa (モハ) 634-01: 40 ton
- KuHa (クハ) 634-02: 34 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 74 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : 85:16 (5,31)
16. Pengendali/制御装置 : Multistage electric camshaft controller jenis Hitachi MMT-HTB-10L
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel jenis hollow-shaft flexible coupling/可撓継手式中空軸平行カルダン
18. Bogie/台車 : Sumitomo FS357~TRS-63M/FS-057~TRS-63T
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Direct electromagnetic power brake combination HSC-D/発電ブレーキ併用電磁直通ブレーキ (HSC-D)
20.
Sistem keamanan/保安装置 : Tobu ATS
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1985 (Showa 60/昭和60年)
Formasi dari Skytree Train terdiri dari 2 unit kereta untuk setiap rangkaian, dengan perincian sementara sebagai berikut:
Keterangan:
MC = kereta bermotor traksi dengan kabin masinis dan pantograf
TC = kereta pengikut tanpa motor traksi dengan kabin masinis
Demikianlah informasi yang dapat penulis sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Sumber gambar: Wikimedia Commons
Formasi dari Skytree Train terdiri dari 2 unit kereta untuk setiap rangkaian, dengan perincian sementara sebagai berikut:
- 634-1F = MoHa (モハ) 634-11 (MC) - KuHa (クハ) 634-12 (TC)
- 634-2F = MoHa (モハ) 634-21 (MC) - KuHa (クハ) 634-22 (TC)
Keterangan:
MC = kereta bermotor traksi dengan kabin masinis dan pantograf
TC = kereta pengikut tanpa motor traksi dengan kabin masinis
Demikianlah informasi yang dapat penulis sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Sumber gambar: Wikimedia Commons
Tidak ada komentar:
Posting Komentar