Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-11-28

Jakarta Monorail Project - ジャカルタモノレール計画

Belum lama ini, berdasarkan informasi dari beberapa sumber terpercaya, telah didesain prototipe awal untuk armada sistem monorel di Jakarta yang diperkenalkan kepada gubernur wilayah provinsi DKI Jakarta.

Monorel sendiri merupakan mode transportasi layaknya kereta api yang terdiri dari sistem jalur tunggal, di mana pada umumnya menggunakan jalur yang dibangun dari beton dan roda karet, meskipun ada juga yang menggunakan sistem rel konvensional dari baja atau levitasi magnetis (maglev).

Monorel memiliki dua jenis posisi, yaitu straddle beam (kereta berjalan di bagian atas) dan suspended beam (kereta berjalan di bagian bawah). Untuk monorel di Jakarta digunakan jenis yang pertama, karena komponen penggeraknya berada di bagian bawah unit.

Prototipe monorel untuk Jakarta tersebut dirakit oleh PT. Melu Bangun Wiweka dengan kode seri UTM-125, direncanakan memiliki 5 unit kereta per rangkaian dengan kapasitas kereta 125 penumpang per unit. Desain jalurnya sendiri dikerjakan oleh PT. Adhi Karya yang merupakan BUMN di bidang konstruksi.

Gambaran prototipe monorel tersebut:

Eksterior | 外観

Interior | 内装

Penjelasan | 説明

Hingga saat tulisan ini dimuat, desain monorel tersebut bukanlah merupakan desain final, karena pihak produsen masih menunggu desain dari PT. LEN mengenai sistem pengendalian dan kelistrikan.

Demikian informasi yang dapat disampaikan saat ini, semoga bermanfaat.

Sumber informasi: Monorail Solution

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar