Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-11-30

JR East EV-E301 Energy Storage Vehicle - JR東日本EV-E301系

Pada kesempatan ini penulis akan menjelaskan tentang rencana unit kereta baru JR East yang diberi kode EV-E301, di mana EV adalah kependekan dari "Energy Storage Vehicle".

Konsep yang ditawarkan pada rangkaian KRL ini adalah penyimpanan energi dengan menggunakan tenaga baterai, di mana pada lintas dengan elektrifikasi (memiliki kabel listrik aliran atas) rangkaian kereta akan berjalan selayaknya KRL biasa, akan tetapi ditambah dengan pengisian baterai yang mana daya dari baterai digunakan apabila rangkaian kereta memasuki bagian jalur yang tidak dielektrifikasi (tanpa kabel listrik aliran atas).

Untuk mencegah hilangnya daya selama perjalanan di lintas non elektrifikasi, tersedia sistem pengisian baterai di beberapa stasiun yang mana pantograf akan dinaikkan untuk mengisi daya sebelum melanjutkan perjalanan ke stasiun berikutnya.

Gambaran dari sistem penyimpanan daya pada rangkaian adalah sebagai berikut, yang telah penulis terjemahkan sendiri ke bahasa Indonesia dari dokumen resmi JR East:

 Skema pengisian dan penggunaan baterai (klik untuk memperbesar)

Konfigurasi EV-E301 sendiri terdiri dari 2 unit kereta yang semuanya memiliki baterai, 3 pintu ruang penumpang di setiap sisinya, 1 pintu penghubung kabin masinis ke ruang penumpang dan 2 pintu samping kabin masinis dengan perincian seperti pada ilustrasi berikut:

Formasi EV-E301 (klik untuk memperbesar)

Gambar desain prototipe EV-E301 (klik untuk memperbesar)

KRL ini menggunakan bodi alumunium alloy dengan spesifikasi sementara ada pada penjelasan berikut ini.

1. Formasi/編成 :
- 2 kereta/2両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 90 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- KuMoHa (クモハ) EV-E300 (MC2): 131 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- KuMoHa (クモハ) EV-E301 (MC1): 134 orang/人 (51 tempat duduk/座席)

6. Jenis kursi/座席配置: long seat (melintang lurus)

7. Kapasitas & jenis baterai/蓄電池: 600 V/95 kWh Li-Ion

Menurut dokumen resmi dari pihak JR East, prototipe pertama rangkaian KRL ini akan mulai dioperasikan pada awal tahun 2014, sebagai referensi untuk KiHa E200 (KRD hybrid yang sudah lebih dulu beroperasi).

Demikian informasi yang dapat penulis sampaikan saat ini, semoga bermanfaat.

Dokumen berbahasa Jepang dari ilustrasi di atas dapat diperoleh pada tautan berikut:

Japan Railways East Railway Company Press

** Ralat per 06 Desember:

Nama stasiun tempat pengisian baterai KRL tersebut pada daerah penggunaan telah diubah menjadi Karasuyama, karena menggunakan sistem bacaan kun-yomi. Penulis mohon maaf atas kekeliruan cara pembacaan huruf kanji dari dokumen yang ada.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar