Keseluruhan KRL ini berjumlah 60 unit dengan spesifikasi yang nyaris sama dengan seri 5000, namun pada seri ini digunakan komponen kelistrikan dari Toshiba, yang mana sebagai pembanding seri 5000, 5050 dan batch 4000 menggunakan komponen kelistrikan dari Hitachi.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyu Meguro: stasiun Meguro (目黒) hingga stasiun Hiyoshi (日吉)
- Tokyo Metro Namboku: stasiun Meguro (目黒) hingga stasiun Akabane-iwabuchi (赤羽岩淵)
- Saitama Rapid Railway: stasiun Akabane-iwabuchi (赤羽岩淵) hingga stasiun Urawa-misono (浦和美園)
- Toei Mita: stasiun Meguro (目黒) hingga stasiun Nishi-takashimadaira (西高島平)
Gambaran KRL seri 5080 adalah sebagai berikut:
Seri 5080, lintas Meguro
5080系、目黒線
KRL berbodi baja tahan karat atau stainless steel ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 6 kereta/6両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 110 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 141 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 6 kereta/6両編成: 890 orang/人 (+/- 312 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.200 mm (20,2 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.820 mm (2,82 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.050 mm (4,05 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- Kereta berkabin ujung depan (T2C) = +/- 27 ton
- Kereta bermotor traksi pantograf tunggal (M3) = 30,9 ton
- Kereta bermotor traksi tanpa pantograf (M2) = 32 ton
- Kereta bermotor traksi pantograf ganda (M1) = 32,9 ton
- Kereta pengikut (T) = 26,3 ton
- Kereta berkabin ujung belakang (T1C) = +/- 27 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : +/- 178 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : 87:14 (6,21)
16. Pengendali/制御装置 : Toshiba VVVF-IGBT Inverter Control/東芝IGBT-VVVFインバータ制御方式
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel TD-driven poros pejal/TD継手式中実軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : TS-1019A, TS-1020A bolsterless dengan pegas udara/ボルスタレス方式空気バネ台車
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Pengereman elektropneumatik regeneratif HRDA-2/回生ブレーキ併用電気指令式空気ブレーキ
20.
Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu & Tokyo Metro CS-ATC, ATO & TASC
21. Tahun pembuatan/製造年 : 2003 (Heisei 15/平成15年)
Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah sebagai berikut:
- Rangkaian 5181F sampai dengan 5190F*
Kereta 1 (1号) : KuHa (クハ) 5180 (T2C)
Kereta 2 (2号) : DeHa (デハ) 5280 (M3)
Kereta 3 (3号) : SaHa (サハ) 5380 (T)
Kereta 4 (4号) : DeHa (デハ) 5480 (M2)
Kereta 5 (5号) : DeHa (デハ) 5580 (M1)
Kereta 6 (6号) : KuHa (クハ) 5680 (T1C)
* angka 80 diganti dengan angka nomor urut produksi unit kereta
Keterangan:
KuHa (クハ) T1C/T2C = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak berkabin masinis
DeHa
(デハ) M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
(alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) model single arm
berjumlah 2 buah
DeHa (デハ) M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
DeHa
(デハ) M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
(alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) model single arm
berjumlah 1 buah
SaHa (サハ) T = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak
Pada seri ini terdapat perbedaan pada penampil tujuan interior, yaitu pada rangkaian batch awal (5181F) menggunakan LED berjalan seperti halnya di KRL Tokyo Metro seri 05, sedangkan batch lainnya menggunakan model LCD yang sama seperti yang ada di Seibu 6000 (profil rangkaian Seibu ini akan dibahas dalam lain kesempatan).
Pada seri ini terdapat perbedaan pada penampil tujuan interior, yaitu pada rangkaian batch awal (5181F) menggunakan LED berjalan seperti halnya di KRL Tokyo Metro seri 05, sedangkan batch lainnya menggunakan model LCD yang sama seperti yang ada di Seibu 6000 (profil rangkaian Seibu ini akan dibahas dalam lain kesempatan).
Demikian apa yang dapat penulis sampaikan pada saat ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Sumber foto seri 5080: Tokyu Hensei Shashin
Sumber foto seri 5080: Tokyu Hensei Shashin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar