Keseluruhan KRL ini berjumlah 36 unit, dengan 4 pasang pintu di ruang pengguna pada setiap sisi, 1 pasang pintu samping kabin masinis, 1 pintu penghubung kabin masinis ke ruang penumpang dan 1 pintu di muka kabin sebagai pintu darurat. Karena menggunakan basis seri 5000 batch 2, interiornya pun juga dilengkapi dengan penampil model LCD di setiap unit kereta.
Sistem traksi yang digunakan pun sama dengan seri 5080, yaitu dengan VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter statis/SIV buatan Toshiba.
Rute perjalanan yang dilaluinya adalah dari stasiun Mizonokuchi hingga Oimachi tanpa melakukan layanan terusan ke operator lain.
Gambaran KRL seri 6000 ini adalah sebagai berikut:
Seri 6000, lintas Oimachi
6000系 (2代)、大井町線
Spesifikasi teknis yang dimiliki KRL rancangan Tokyu Car Corporation (sekarang J-TREC) ini adalah sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 6 kereta/6両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/田園都市線 = 110 km/h
- Jalur Oimachi/大井町線 = 95 km/h
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/田園都市線 = 110 km/h
- Jalur Oimachi/大井町線 = 95 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 139 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 150 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 6 kereta/6両編成: 878 orang/人 (+/- 312 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.435 mm (20,435 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.820 mm (2,82 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.050 mm (4,05 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- Kereta berkabin ujung depan (T2C) = 26,9 ton
- Kereta bermotor traksi pantograf tunggal (M3) = 30,7 ton
- Kereta bermotor traksi tanpa pantograf (M2) = 33,3 ton
- Kereta bermotor traksi pantograf ganda (M1) = 32,9 ton
- Kereta pengikut (T) = 28,2 ton
- Kereta berkabin ujung belakang (T1C) = 26,8 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 178,8 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : 87:14 (6,21)
16. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御方式
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel TD-driven poros pejal/TD継手式中実軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : TS-1019A, TS-1020A bolsterless dengan pegas udara/ボルスタレス方式空気バネ台車
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Pengereman elektropneumatik regeneratif HRDA-2/回生ブレーキ併用電気指令式空気ブレーキ
20.
Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu ATC-P
21. Tahun pembuatan/製造年 : 2008 (Heisei 20/平成20年)
Setiap kereta bermotor traksi memiliki motor induksi 3 fasa dengan daya 190 kW, dengan total daya keluaran per rangkaian adalah 2.280 kW.
Stamformasi rangkaian seri 6000 secara umum adalah sebagai berikut:
- Rangkaian 6101F sampai dengan 6106F*
Kereta 1 (1号) : KuHa (クハ) 6100 (T2C)
Kereta 2 (2号) : DeHa (デハ) 6200 (M3)
Kereta 3 (3号) : SaHa (サハ) 6300 (T)
Kereta 4 (4号) : DeHa (デハ) 6400 (M2)
Kereta 5 (5号) : DeHa (デハ) 6500 (M1)
Kereta 6 (6号) : KuHa (クハ) 6600 (T1C)
* angka 00 diganti dengan angka nomor urut produksi unit kereta
Keterangan:
KuHa (クハ) T1C/T2C = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak berkabin masinis
DeHa
(デハ) M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
(alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) model single arm
berjumlah 2 buah
DeHa (デハ) M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
DeHa
(デハ) M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
(alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) model single arm
berjumlah 1 buah
SaHa (サハ) T = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerakBerbeda dari seri 5000, seri 6000 ini mengadopsi bentuk muka kabin yang lebih aerodinamis namun dari segi interior nyaris sama persis dengan seri 5080 produksi akhir.
Demikian apa yang dapat penulis sampaikan pada saat ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Sumber foto seri 6000: Tokyu Hensei Shashin
Sumber foto seri 6000: Tokyu Hensei Shashin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar