Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-12

Toei (Tokyo Metropolitan Government Subway) 6000 - 都営6000系

Toei 6000 merupakan kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Mita antara stasiun Nishi-takashimadaira dengan stasiun Meguro, diproduksi sebanyak 28 set dengan 1 set masing-masing 6 kereta sehingga berjumlah keseluruhan 168 unit kereta. Sistem penggeraknya menggunakan motor traksi rheostatik yang digabungkan dengan sistem chopper.

Foto KRL Toei 6000:


KRL ini dirakit oleh pabrik Nippon Sharyo, Kawasaki Heavy Industries, Hitachi dan ALNA dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 6 kereta/6両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,5 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 : 70

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 150 orang/人 (50 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 170 orang/人 (58 tempat duduk/座席)

7. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (18 m)

8. Lebar kereta/全幅 : 2.790 mm (2,79 m)

9. Tinggi kereta/全高 : 3.690 mm

10. Massa total rangkaian/編成質量 : 215,5 ton

11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

13. Keluaran daya/編成出力 : 2.400 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 86:14 (6,19)

17. Pengendali/制御装置 : Kendali hambatan rheostatik/抵抗制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : Direct mount, jenis pegas udara KD-70/KD-70形 ダイレクトマウント空気バネ

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Pengereman elektromagnetik/発電ブレーキ併用電磁直通ブレーキ

21. Sistem keamanan/保安装置 : T-ATS

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah 6xx1 - 6xx2 - 6xx5 - 6xx6 - 6xx7 - 6xx8 dengan konfigurasi MC1-M2-M1-M2-M1-MC2 (6M0T), dengan xx adalah angka dari 01 hingga 28.

Keterangan:

MC1 = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
MC2= kereta dengan motor traksi penggerak berkabin masinis, tanpa pantograf
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
6M0T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan tidak memiliki kereta tanpa motor traksi

Catatan:

1. Pada awalnya semua KRL Toei batch pertama (6011 - 6121) yang diproduksi sejak tahun 1968 menggunakan formasi 4 kereta namun tanpa AC, dan AC terinstalasi sejak tahun 1989 dengan bentuk seperti kotak pendingin KRL Tokyu untuk seri 6101F - 6111F, dan seperti kotak pendingin KRL JR East untuk seri 6121F. Selanjutnya, semua KRL Toei 6000 batch 2 dan 3 menggunakan 2 kotak pendingin, sedangkan KRL Toei batch 4 (6271F - 6281F) menggunakan 1 kotak pendingin berukuran besar di tengah dengan papan petunjuk jurusan dan tanpa jendela kecil di dekat pintu.

2. Beberapa set dari KRL Toei 6000 yang sudah tidak beroperasi sejak 1999 di jalur Mita karena tergantikan oleh seri 6300 dijual ke beberapa operator dengan rincian sebagai berikut:

- 6101F - 6111F, 6211F - 6231F dijual ke Kumamoto Electric Railway, stamformasinya:
* 6101A - 6108A, warna merah
* 6111A - 6118A, warna biru
* 6211A - 6218A, warna kuning-biru
* 6221A - 6228A, warna kuning-biru
* 6231A - 6238A, warna kuning-biru

Modifikasi yang dilakukan: Menambah kaca spion di kabin masinis karena dioperasikan sebagai trem yang seringkali bersilangan dengan jalan raya.

- 6191F, 6241F - 6261F dijual ke Chichibu Railway, stamformasinya:
* 6191 - 6196 - 6198, diubah menjadi 5001 - 5101 - 5201
* 6241 - 6246 - 6248, diubah menjadi 5002 - 5102 - 5202
* 6251 - 6256 - 6258, diubah menjadi 5003 - 5103 - 5203
* 6261 - 6266 - 6258, diubah menjadi 5004 - 5104 - 5204

Modifikasi yang dilakukan: Mengganti antena komunikasi menjadi menyerupai antena yang dimiliki KRL Tokyu, dan menambah satu pantograf jenis kubus (diamond shape) di atap kereta 510x (x adalah 1 sampai 4).

- 6121F, 6151F, 6161F, 6171F, 6181F, 6201F, 6271F, 6281F, dan 24 kereta lainnya dihibahkan ke PT. Kereta Api (Persero), yang mana kereta 6126, 6182, 6187, 6177, 6127 dan 6227 dimodifikasi menjadi berkabin masinis dan kereta 6151 beserta 6188 dimodifikasi dengan meja layan di sebelah kanan karena kabin masinisnya 6151 hancur akibat tabrakan (PLH atau Peristiwa Luar Biasa Hebat) saat beroperasi.

Semua KRL eks Toei 6000 milik PT. KAI menggunakan skema cat warna yang berbeda-beda, yang mana rangkaian 6121F, 6161F dan 6171F menggunakan formasi 8 kereta, sedangkan rangkaian 6161F, 6181F, 6201F, 6271F, 6281F, dan rangkaian dengan kabin rakitan menggunakan formasi 6 kereta. Khusus untuk seri 6151F, rangkaiannya menggunakan formasi 4 kereta, sedangkan 2 kereta lainnya tidak dipergunakan karena mengalami kerusakan berat akibat PLH.

Demikian artikel tentang KRL Toei 6000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar