Tokyo Metro 01 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Ginza antara stasiun Shibuya dan stasiun Asakusa, yang berpangkal di dipo Ueno, Shibuya dan Nakano. KRL ini diproduksi oleh pabrik Kawasaki, Kinki, Nippon Sharyo dan Tokyu sebanyak 38 unit rangkaian 6 kereta, yang berjumlah keseluruhan 228 unit kereta. Sistem penggeraknya terdiri dari dua macam, yaitu motor chopper shunt dan VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).
Foto KRL Tokyo Metro 01:
KRL ini dirakit dengan bodi alumunium yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 6 kereta/6両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 : 65 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 :
- Chopper/分巻チョッパ車: 75 km/h
- VVVF Inverter/VVVFインバータ車: 80 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 100 orang/人 (36 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 102 orang/人 (42-44 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 608 orang/人 (244 - 248 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 16.000 m (16 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.550 mm (2,55 m)
10. Tinggi kereta/全高 :
- Unit prototipe (試作車): 3.485 mm (3,485 m)
- Unit produksi (量産車): 3.465 mm (3,465 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- 23,5 - 29,3 ton (Chopper/分巻チョッパ車)
- 21,5 - 26,8 ton (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)
12. Massa total rangkaian/編成質量 :
- 164,8 ton (Chopper/分巻チョッパ車)
- 151,6 ton (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)
13. Lebar rel/軌間 : 1.435 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 600 V DC sistem rel ketiga (600 V 直流、第三軌条方式)
15. Keluaran daya/編成出力 : 1.440 kW
16. Gear ratio/歯車比 : 101:15 (6,73)
17. Pengendali/制御装置 :
- Chopper shunt/高周波分巻チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン
19. Bogie/台車 :
- FS-520 · FS-020 (Chopper/分巻チョッパ車)
- SS-130A · SS-030A (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif jenis TRT-11/ATC TRT-11 連動電気 指令式空気ブレーキ
21. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro CS-ATC, TASC
22. Pabrik/製造工場 :
- 01-101F hingga 01-103F, 01-609F hingga 01-012F, 01-017F, 01-018F, 01-022F, 01-023F = Kawasaki Heavy Industries/川崎重工
- 01-106F, 01-107F, 01-019F, 01-038F = Kinki/近畿車輌
- 01-104F, 01-013F hingga 01-016F, 01-021F, 01-024F hingga 01-037F = Nippon Sharyo/日本車輌
- 01-108F, 01-020F = Tokyu/東急車輌
Stamformasi umum dari rangkaian kereta seri 01 ini adalah 01-1xx - 01-2xx - 01-3xx - 01-4xx - 01-5xx - 01-6xx yang masing-masing merupakan kereta CT1-M1-T-M2-M1-CT2 (3M3T), di mana xx adalah angka dari 01 hingga 38.
Untuk rangkaian seri 01-101F hingga 01-136F, motor penggerak yang digunakan adalah jenis chopper shunt, sedangkan rangkaian seri 01-137F hingga 01-138F menggunakan motor penggerak berjenis VVVF-IGBT.
Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan kontaktor (contact shoe) yang menghubungkan sistem kelistrikan di kereta dengan rel ketiga yang berada di samping kanan kereta
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa kontaktor
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
3M3T = rangkaian dengan 3 kereta bermotor traksi dan 3 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 01 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar