Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-23

Tokyu 7600 - 東急7600系

Tokyu 7600 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Ikegami dan Tamagawa, yang mana hanya diproduksi sebanyak 3 set rangkaian dengan setiap setnya memiliki tiga kereta, sehingga berjumlah keseluruhan 9 kereta.

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Ikegami: stasiun Gotanda hingga stasiun Kamata
  • Tamagawa: stasiun Tamagawa hingga stasiun Kamata
Sistem penggerak KRL jenis ini semuanya menggunakan VVVF-GTO yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).

Foto KRL Tokyu seri 7600:



KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 :
- 3 kereta/3両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,2 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Ikegami/池上線: 85 km/h
- Jalur Tokyu Tamagawa/多摩川線: 80 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 122 orang/人 (44 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 131-133 orang/人 (47-48 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 375-377 orang/人 (135-136 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.744 mm (2,744 m), 7673 = 2.740 mm (2,74 m)

10. Tinggi kereta/全高 :
- KuHa 7600/クハ7600: 4.076 mm (4,076 m)
- DeHa 7660/デハ7660: 4.067 mm (4,067 m)
- DeHa 7650, 7680/デハ7650, 7680: 4.085 mm (4,085 m)
- DeHa 7670/デハ7670: 4.100 mm (4,1 m)

11. Massa per kereta/車両質量 :
- KuHa 7600/クハ7600: 29,6 ton
- DeHa 7650/デハ7650: 33,2 ton
- DeHa 7670/デハ7670: 32,7 ton
- DeHa 7680/デハ7680: 32,8 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 95,5 - 95,6 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Gear ratio/歯車比 : 85:14 (6,07)

16. Pengendali/制御装置 : VVVF-GTO Inverter Control/GTO-VVVFインバータ制御

17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式

18. Bogie/台車 : TS-831, TS-839 dengan pegas udara/軸バネ式空気バネ

19. Sistem pengereman/ブレーキ方式: ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ

20. Sistem keamanan/保安装置: Tokyu ATS + CS-ATC, Tokyu TASC

21. Tahun pembuatan/製造年 :
- 7601F & 7602F = 1986 (Showa 61/昭和61年)
- 7603F = 1988 (Showa 63/昭和63年)

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah:
  1. KuHa 760x (TC) - DeHa 768x (M1) - DeHa 766x (M2C) dengan formasi 2M1T untuk rangkaian seri 7601F dan 7602F (huruf F di belakang menandakan formasi/formation), di mana x adalaha angka 1 atau 2 dan kereta M1 menggunakan pantograf bentuk kubus (diamond-shape);
  2. KuHa 760x (TC) - DeHa 767x (M1, merangkap juga sebagai M2) - DeHa 765x (M1C) dengan formasi 2M1T untuk rangkaian 7603F, di mana x adalah angka 3 dan kereta M2 beserta M1C menggunakan pantograf jenis lengan tunggal (single arm).
Catatan:
1. Kereta DeHa 7681 dan 7682 awalnya merupakan kereta DeHa 7671 dan 7672 yang memiliki kabin masinis, namun saat ini kabin masinis tersebut telah dimodifikasi untuk ruang penumpang.
2. Pada tahun ini, rangkaian seri ketiga yaitu 7603F telah dirucat atau dimusnahkan karena masa operasinya telah berakhir dan tidak ada operator lain yang bersedia membeli set tersebut.

Keterangan:

TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
M2C = kereta dengan motor traksi penggerak, berkabin masinis, namun tanpa pantograf
2M1T = rangkaian dengan 2 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off

Demikian artikel tentang KRL Tokyu 7600 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar