Tokyo Metro 7000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Yurakucho, yang mana juga melakukan perjalanan terusan (thru service) ke jalur Seibu Ikebukuro dan Tobu Tojo, di mana KRL ini berpangkal di dipo Shin-Kiba.
KRL ini pada awalnya diproduksi sebanyak 34 set rangkaian 10 kereta yang berjumlah keseluruhan 340 unit kereta, namun sebagian dari set-set yang ada digunakan untuk operasional jalur Yurakucho New Line atau Fukutoshin Line dengan formasi 8 kereta (2 kereta sisanya dirucat).
Desain KRL ini menyerupai KRL Tokyo Metro 6000 dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak KRL ini menggunakan sistem traksi chopper (DC-DC), namun beberapa set lainnya memiliki sistem traksi yang dimutakhirkan dengan menggunakan VVVF-IGBT dengan inverter statis (SIV), yaitu set 7101F-7116F, 7118F-7120F dan 7127F-7134F .
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyo Metro Yurakucho: stasiun Shin-kiba hingga stasiun Wakoshi
- Tokyo Metro Fukutoshin: stasiun Shibuya hingga stasiun Wakoshi
- Seibu Ikebukuro: stasiun Ikebukuro hingga stasiun Hanno
- Tobu Tojo: stasiun Shinrin-koen hingga stasiun Wakoshi
Foto Tokyo Metro 7000:
Jalur Yurakucho
Jalur Fukutoshin
KRL ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries, Kinki, Nippon Sharyo dan Tokyu Car Corporation dengan spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 : 80 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 136 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 10 kereta/10両: 1424 orang/人 (522 tempat duduk/座席)
- 8 kereta/8両: 1136 orang/人 (408-414 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.135 - 4.145 mm (4,135 - 4,145 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- 27,0 - 28.5 ton(kereta kendali/制御車)
- 37,1 ton (kereta kendali bermotor traksi/制御電動車)
- 33,0 - 37,3 ton (kereta bermotor traksi/電動車)
- 24,7t(kereta pengikut/付随車)
12. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
13. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
14. Keluaran daya/編成出力 : +/- 2.400 kW
- 4 x 160-165 kW motor induksi 3-fase/160-165 kW かご形三相誘導電動機 (TKM 98/99)
- 4 x 150 kW commutator motor/150 kW 直流直巻電動機
15. Gear ratio/歯車比 : 98:15 (6,53)
16. Pengendali/制御装置 :
- Armature chopper/電機子チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン
18. Bogie/台車 : FS-388, FS-388A, FS-515 Minden-type/ミンデン式
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro CS-ATC, Seibu ATS, Tobu ATS, Fukutoshin ATO
21. Pabrik/製造工場:
- Nippon Sharyo/日本車輌製造
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Kinki/近畿車輌
- Tokyu Car Corporation/東急車輌製造
22. Tahun pembuatan/製造年 : 1974 (Showa 49/昭和49年)
Stamformasi rangkaian ini secara umum sama dengan stamformasi Tokyo Metro 6000, yaitu:
- Rangkaian 10 kereta 5M5T 7101F, 7104F, 7105F, 7110F, 7118F (VVVF-IGBT)
KuHa 71xx (CT) - SaHa 72xx (T) - MoHa 73xx (M1) - MoHa 74xx (M2) - SaHa 75xx (Tc1) - SaHa 76xx (Tc2) - MoHa 77xx (M1) - MoHa 78xx (M2) - MoHa 79xx (M1) - KuHa 70xx (CT2)
- Rangkaian 10 kereta 6M4T 7102F, 7106F - 7108F, 7111F, 7112F, 7114F (VVVF-IGBT), 7117F, 7121F hingga 7126F (chopper)
KuHa 71xx (CT) - SaHa 72xx (T) - MoHa 73xx (M1) - MoHa 74xx (M2) - SaHa 75xx (Tc1) - SaHa 76xx (Tc2) - MoHa 77xx (M1) - MoHa 78xx (M2) - MoHa 79xx (M1) - KuMoHa 70xx (CM2)
- Rangkaian 8 kereta 4M4T 7103F, 7109F, 7113F, 7115F, 7116F, 7119F, 7120F, 7127F-7134F (VVVF-IGBT)
KuHa 71xx (CT) - MoHa 73xx (M1) - MoHa 74xx (M2) - SaHa 75xx (Tc1) - SaHa 72xx (Tc2) - MoHa 79xx (M1) - MoHa 78xx (M2) - KuHa 70xx (CT2)
di mana xx adalah angka dari 01 hingga 34, dan semua kereta M1 menggunakan 2 pantograf jenis kubus (diamond-shape).
Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-1 (70xx) untuk semua rangkaian 6M4T, sedangkan untuk rangkaian 5M5T kereta 71xx dikhususkan bagi penumpang wanita.
Catatan:
1. Kereta 71xx pada awalnya (masa TRTA dan Eidan) merupakan kereta trailer berkabin masinis (CT) yang berasal dari kereta bermotor traksi yang memiliki pantograf, namun pantograf pada kereta tersebut dilepas saat dilakukan modifikasi menjadi kereta trailer.
2. Empat rangkaian 10 kereta yaitu 7117F, 7121F, 7122F dan 7123F telah dijual ke PT. KAI Commuter Jabodetabek dengan formasi pengoperasian 8 kereta, dengan formasi:
KuHa 71xx (CT) - SaHa 72xx (T) - MoHa 73xx (M1) - MoHa 74xx (M2) - SaHa 75xx (Tc1) - SaHa 76xx (Tc2) - MoHa 79xx (M1) - KuMoHa 70xx (CM2),
di mana kereta 1 adalah kereta 70xx.
Keterangan:
KuMoHa (クモハ) CM1 = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
KuMoHa (クモハ) CM2= kereta dengan motor traksi penggerak berkabin masinis, tanpa pantograf
KuHa (クハ) CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
MoHa (モハ) M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf ganda
MoHa (モハ)M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
SaHa (サハ) T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
SaHa (サハ) Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
6M4T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
5M5T = rangkaian dengan 5 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
4M4T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 7000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar