Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-10-08

Tokyo Metro 07 Yurakucho & Tozai Line

Tokyo Metro 07 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang pada awalnya berpangkal di dipo Shin-kiba dan beroperasi di jalur Tokyo Metro Yurakucho serta melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Seibu Ikebukuro dan Tobu Tojo, yang mana empat set dari keseluruhan rangkaian KRL ini (07-103F hingga 07-106) sejak Juli 2006 hingga Maret 2007 secara bertahap dialihkan ke jalur Tozai untuk menggantikan Tokyo Metro 5000 yang habis masa pakainya, dan dua set pertama yang tersisa (07-101F dan 07-102F) pada bulan Oktober 2007 dialihkan ke jalur Tozai menyusul keempat set lainnya. Kini, KRL jenis ini beroperasi di jalur Tozai dengan thru-service ke jalur Toyo Rapid dan JR Chuo-Sobu, berpangkal di dipo Fukagawa.

Desain KRL ini menyerupai KRL Tokyo Metro 06 dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak yang digunakan adalah VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyo Metro Yurakucho: stasiun Shin-kiba hingga stasiun Ayase
  • Tokyo Metro Tozai: stasiun Nishi-funabashi hingga stasiun Nakano
  • Seibu Ikebukuro: stasiun Ikebukuro hingga stasiun Hanno
  • Toyo Rapid Tozai: stasiun Nishi-funabashi hingga stasiun Toyo-katsutadai
  • Tobu Tojo: stasiun Shinrin-koen hingga stasiun Wakoshi
  • JR Chuo-Sobu: stasiun Nakano hingga stasiun Mitaka
Foto KRL Tokyo Metro 07:

Jalur Yurakucho


Jalur Tozai


KRL ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries dan Nippon Sharyo dengan spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tozai-Toyo Rapid/東西線・東葉高速線: 100 km/h
- Jalur Chuo-Sobu Kanko/中央・総武緩行線: 95 km/h
- Jalur Yurakucho/有楽町線: 80 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 138 orang/人 (46 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (54 tempat duduk/座席) -
- Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 153 orang/人 (52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.494 orang/人 (+/- 520 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.070 mm (20,07 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 :
- Kereta ujung kendali (CT)/制御車・付随車: 4.092 mm
- Kereta tengah/中間電動車: 4.140 mm

11. Massa per kereta/車両質量 : 21,8 - 32,4 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 271,1 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)

17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : SS-035, SS-135 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : Digital CS-ATC, JR East ATS-P, Toyo Rapid WS-ATC

22. Pabrik/製造工場:
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Nippon Sharyo/日本車輌

23. Tahun pembuatan/製造年 : 1993 (Heisei 5/平成5年)

Stamformasi rangkaian Tokyo Metro 07 secara umum sama dengan stamformasi Tokyo Metro 06, yaitu:
KuHa 07-1xx (CT1) - MoHa 07-2xx (M1) - SaHa 07-3xx (T) - MoHa 07-4xx (M2) - SaHa 07-5xx (Tc1) - SaHa 07-6xx (Tc2) - MoHa 07-7xx (M3) - SaHa 07-8xx (T) - MoHa 07-9xx (M1) - KuHa 07-0xx (CT2)

dengan formasi 4M6T dan xx adalah angka dari 01 hingga 06, yang mana keseluruhan kereta bermotor traksi memiliki pantograf berjenis kubus (diamond-shape).

Untuk pengoperasian di jalur Tozai, kereta 07-3xx dipertukarkan posisinya dengan 07-8xx dan dicat dengan warna khas jalur Tozai yaitu biru muda dengan biru.

Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-10 (07-0xx).

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara dan baterai
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan baterai
M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 07 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar