KRL ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries pada tahun 1993 dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak yang digunakan adalah VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV) dan juga menerapkan sistem DDC (DC-to-DC converter) yang terpasang pada kereta pengikut yang dilengkapi kabin masinis darurat.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyo Metro Chiyoda: stasiun Ayase (綾瀬) hingga stasiun Yoyogi-uehara (代々木上原)
- JR East Joban: stasiun Ayase hingga stasiun Toride (取手)
- Odakyu Tama/Odawara: stasiun Karakida (唐木田)/Hon-atsugi (本厚木) hingga stasiun Yoyogi-uehara
Foto KRL Tokyo Metro 06:
Spesifikasi dasar dari KRL ini adalah sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
- Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h
- Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,7 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,7 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 138 orang/人 (46 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (54 tempat duduk/座席) -
- Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 153 orang/人 (52 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.494 orang/人 (+/- 520 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.070 mm (20,07 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.080 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.140 mm
11. Massa per kereta/車両質量 : 21,8 - 32,4 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 271,1 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW
16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)
17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン
19. Bogie/台車 : SS-035, SS-135 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ
21. Sistem keamanan/保安装置 : JR Joban & Tokyo Metro CS-ATC (model 10), Odakyu D-ATS-P (OM-ATS)
22. Pabrik/製造工場: Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
23. Tahun pembuatan/製造年 : 1993 (Heisei 5/平成5年)
Stamformasi rangkaian Tokyo Metro 06 secara umum adalah:
KuHa 06-101 (CT1) - MoHa 06-201 (M1) - SaHa 06-301 (T) - MoHa 06-401 (M2) - SaHa 06-501 (Tc1) - SaHa 06-601 (Tc2) - MoHa 06-701 (M3) - SaHa 06-801 (T) - MoHa 06-901 (M1) - KuHa 06-001 (CT2)
dengan formasi 4M6T, yang mana keseluruhan kereta bermotor traksi memiliki pantograf berjenis kubus (diamond-shape).
Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-10 (06-001).
Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara dan baterai
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan baterai
M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk), dan memiliki DC-to-DC converter (DDC)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 06 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar