Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-10-08

Tokyo Metro 06 Chiyoda Line

Tokyo Metro 06 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Chiyoda, JR East Joban dan Odakyu Odawara beserta Odakyu Tama, yang mana KRL ini hanya diproduksi sebanyak satu unit saja yaitu unit 06-101F.

KRL ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries pada tahun 1993 dengan 4 pintu di setiap sisinya dan satu pintu pada sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak yang digunakan adalah VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV) dan juga menerapkan sistem DDC (DC-to-DC converter) yang terpasang pada kereta pengikut yang dilengkapi kabin masinis darurat.

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyo Metro Chiyoda: stasiun Ayase (綾瀬) hingga stasiun Yoyogi-uehara (代々木上原)
  • JR East Joban: stasiun Ayase hingga stasiun Toride (取手)
  • Odakyu Tama/Odawara: stasiun Karakida (唐木田)/Hon-atsugi (本厚木) hingga stasiun Yoyogi-uehara
Foto KRL Tokyo Metro 06:


Spesifikasi dasar dari KRL ini adalah sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
- Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h
- Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,7 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,7 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 138 orang/人 (46 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 152 orang/人 (54 tempat duduk/座席) -
- Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 153 orang/人 (52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.494 orang/人 (+/- 520 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.070 mm (20,07 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 4.080 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.140 mm

11. Massa per kereta/車両質量 : 21,8 - 32,4 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 271,1 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)

17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : SS-035, SS-135 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : JR Joban & Tokyo Metro CS-ATC (model 10), Odakyu D-ATS-P (OM-ATS)

22. Pabrik/製造工場: Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業

23. Tahun pembuatan/製造年 : 1993 (Heisei 5/平成5年)

Stamformasi rangkaian Tokyo Metro 06 secara umum adalah:
KuHa 06-101 (CT1) - MoHa 06-201 (M1) - SaHa 06-301 (T) - MoHa 06-401 (M2) - SaHa 06-501 (Tc1) - SaHa 06-601 (Tc2) - MoHa 06-701 (M3) - SaHa 06-801 (T) - MoHa 06-901 (M1) - KuHa 06-001 (CT2)

dengan formasi 4M6T, yang mana keseluruhan kereta bermotor traksi memiliki pantograf berjenis kubus (diamond-shape).

Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-10 (06-001).

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara dan baterai
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan baterai
M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf, dilengkapi dengan kompresor udara
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk), dan memiliki DC-to-DC converter (DDC)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 06 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar