Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-10-08

Tokyo Metro 03 - 東京メトロ03系

Tokyo Metro 03 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Hibiya antara stasiun Naka-meguro dengan stasiun Kita-senju, dan melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Tokyu Toyoko hingga stasiun Kikuna (菊名) dan Tobu Isesaki hingga stasiun Tobu Dobutsu-koen (東武動物公園), yang berpangkal di dipo Minami-senju.

KRL ini diproduksi sebanyak 42 set rangkaian 8 kereta yang keseluruhannya berjumlah 336 unit kereta dengan tiga pintu di setiap sisinya dan satu pintu di sisi muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. Sistem penggerak utamanya adalah penggerak chopper untuk batch 1 dan VVVF-IGBT dengan kendali inverter statis (SIV) untuk batch 2.

Foto KRL Tokyo Metro 03:



KRL ini dirakit oleh pabrik Nippon Sharyo, Kawasaki Heavy Industries, Kinki dan Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 8 kereta/8両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyo Metro Hibiya/地下鉄日比谷線 : 70 km/h
- Jalur Tobu Isesaki/東武伊勢崎線 : 95 km/h
- Jalur Tokyu Toyoko/東急東横線 : 90 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s(biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Kereta ujung/先頭車 : 124 orang/人 (44 tempat duduk/座席)
- Kereta tengah/中間車 : 136 orang/人 (50-52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.064 orang/人 (+/- 400 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車 : 18.100 mm (18,1 m)
- Tengah/中間車 : 18.000 mm (18 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.780 mm (2,78 m)

10. Tinggi kereta/全高 :
- 3.990 mm (seri 01-19/第01 - 19編成)
- 3.973 mm (seri 26-42/第26 - 42編成)
- 3.995 mm (kereta berpantograf/パンタグラフ付き車両全車)

11. Massa per kereta/車両質量 :
- 21,9 - 32,7 ton (Chopper shunt/分巻チョッパ車)
- 21,3 - 31,0 ton (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)

12. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

13. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

14. Keluaran daya/編成出力 1.440 kW

15. Gear ratio/歯車比 :
- Chopper shunt/分巻チョッパ車 = 86:15 (5,73)
- VVVF Inverter/VVVFインバータ車 = 109:14 (7,79)

16. Pengendali/制御装置 :
- Chopper shunt/高周波分巻チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

18. Bogie/台車 :
- SS-111 · SS-011 (Chopper/分巻チョッパ車)
- SS-135 · SS-035 (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)

19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気指令式空気ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro ATS-P, Tokyu CS-ATC, Tobu ATS

21. Pabrik/製造工場 :
- Nippon Sharyo/日本車輌製造
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Kinki/近畿車輌
- Tokyu Car Corporation/東急車輌製造

22. Tahun pembuatan/製造年 : 1988 (Showa 63/昭和63年)

Keluaran daya per motor traksi untuk sistem traksi chopper adalah 160 kW, sedangkan untuk sistem traksi VVVF-IGBT adalah 190 kW.

Stamformasi rangkaian Tokyo Metro 03 secara umum adalah:
KuHa 03-1xx (CT1) - MoHa 03-2xx (M1) - MoHa 03-3xx (M2) - SaHa 03-4xx (Tc1) - SaHa 03-5xx (Tc2) - MoHa 03-6xx (M1) - MoHa 03-7xx (M2) - KuHa 03-8xx (CT2)

dengan formasi 4M4T, di mana xx adalah angka dari 01 hingga 42, yang mana keseluruhan rangkaian menggunakan pantograf berbentuk kubus (diamond-shape) dengan perincian rangkaian 03-101F hingga 03-125F (batch 1) menggunakan sistem penggerak chopper, sedangkan rangkaian 03-126F hingga 03-142F (batch 2) menggunakan sistem penggerak VVVF-IGBT.

Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta paling belakang atau kereta ke-8 (03-8xx).

Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
4M4T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 03 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar