Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-09-28

Tokyo Metro 16000 - 東京メトロ16000系

Tokyo Metro 16000 merupakan kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Chiyoda, JR East Joban dan Odakyu Odawara beserta Odakyu Tama, yang mana hingga saat tulisan ini disusun telah diproduksi tiga rangkaian dari rencana 16 unit rangkaian yang diproduksi untuk menggantikan beberapa set Tokyo Metro 6000 yang akan berhenti beroperasi di jalur Chiyoda.

Desain muka dan bodi dari KRL ini mengambil konsep A-Trains dengan beberapa perubahan yang cukup mendasar dari Tokyo Metro 15000 yang beroperasi di jalur Tozai.

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyo Metro Chiyoda: stasiun Ayase (綾瀬) hingga stasiun Yoyogi-uehara (代々木上原)
  • JR East Joban: stasiun Ayase hingga stasiun Toride (取手)
  • Odakyu Tama/Odawara: stasiun Karakida (唐木田)/Hon-atsugi (本厚木) hingga stasiun Yoyogi-uehara
Sistem penggerak KRL jenis ini menggunakan VVVF-IGBT dengan kendali inverter statis (SIV).

Foto KRL Tokyo Metro seri 16000:


KRL ini diproduksi dengan menggunakan bahan bodi alumunium, yang memiliki spesifikasi dasar sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
- Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h
- Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 143 orang/人 (48 tempat duduk/座席) - Tengah/中間車: 154 orang/人 (54 tempat duduk/座席) - - Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 154 orang/人 (51 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1518 orang/人 (+/- 528 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.470 mm (20,47 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 4.075 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.080 mm

11. Massa per kereta/車両質量 : 26,5 - 36,5 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 299,5 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)

17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : FS-779 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタ付き台車

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : JR Joban & Tokyo Metro CS-ATC (model 10), Odakyu D-ATS-P (OM-ATS)

22. Pabrik/製造工場: Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業

Semua unit KRL Tokyo Metro seri 16000 memiliki stamformasi utama sebagai berikut:

KuHa 161xx (CT1) - MoHa 162xx (M1) - SaHa 163xx (T) - MoHa 164xx (M2) - SaHa 165xx (Tc1) - SaHa 166xx (Tc2) - MoHa 167xx (M2) - SaHa 168xx (T) - MoHa 169xx (M1) - KuHa 160xx (CT2)

dengan konfigurasi 4M6T, di mana xx adalah nomor batch/urutan rangkaian dari 01 hingga 16.

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1/M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf berjenis lengan tunggal (single arm)
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 16000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar