Desain muka dan bodi dari KRL ini mengambil konsep A-Trains dengan beberapa perubahan yang cukup mendasar dari Tokyo Metro 15000 yang beroperasi di jalur Tozai.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyo Metro Chiyoda: stasiun Ayase (綾瀬) hingga stasiun Yoyogi-uehara (代々木上原)
- JR East Joban: stasiun Ayase hingga stasiun Toride (取手)
- Odakyu Tama/Odawara: stasiun Karakida (唐木田)/Hon-atsugi (本厚木) hingga stasiun Yoyogi-uehara
Sistem penggerak KRL jenis ini menggunakan VVVF-IGBT dengan kendali inverter statis (SIV).
Foto KRL Tokyo Metro seri 16000:
KRL ini diproduksi dengan menggunakan bahan bodi alumunium, yang memiliki spesifikasi dasar sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
- Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h
- Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 143 orang/人 (48 tempat duduk/座席) - Tengah/中間車: 154 orang/人 (54 tempat duduk/座席) - - Tengah berongga/車いすスペース付中間車: 154 orang/人 (51 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1518 orang/人 (+/- 528 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.470 mm (20,47 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.075 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.080 mm
11. Massa per kereta/車両質量 : 26,5 - 36,5 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 299,5 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Keluaran daya/編成出力 : 3.280 kW
16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)
17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン
19. Bogie/台車 : FS-779 monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタ付き台車
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ
21. Sistem keamanan/保安装置 : JR Joban & Tokyo Metro CS-ATC (model 10), Odakyu D-ATS-P (OM-ATS)
22. Pabrik/製造工場: Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
Semua unit KRL Tokyo Metro seri 16000 memiliki stamformasi utama sebagai berikut:
KuHa 161xx (CT1) - MoHa 162xx (M1) - SaHa 163xx (T) - MoHa 164xx (M2) - SaHa 165xx (Tc1) - SaHa 166xx (Tc2) - MoHa 167xx (M2) - SaHa 168xx (T) - MoHa 169xx (M1) - KuHa 160xx (CT2)
dengan konfigurasi 4M6T, di mana xx adalah nomor batch/urutan rangkaian dari 01 hingga 16.
Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1/M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf berjenis lengan tunggal (single arm)
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 16000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar