Tokyu 2000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Tokyu Den-en-toshi dan Tokyo Metro Hanzomon, yang mana diproduksi sebanyak 3 set rangkaian dengan setiap setnya memiliki 10 kereta, sehingga berjumlah keseluruhan 30 unit kereta.
Desain muka dan badan KRL ini menyerupai desain muka dan badan dari KRL Tokyu seri 9000 yang berdinas di jalur Toyoko dan Oimachi.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyu Den-en-toshi: stasiun Chuo-rinkan hingga stasiun Shibuya
- Tokyo Metro Hanzomon: stasiun Shibuya hingga stasiun Oshiage
Sistem penggerak KRL jenis ini menggunakan VVVF-GTO dengan kendali inverter statis (SIV).
Foto KRL Tokyu seri 2000:
KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/東急田園都市線: 110 km/h
- Jalur Tokyo Metro Hanzomon/地下鉄半蔵門線: 80 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 130 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 1.412 orang/人 (+/- 522 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.035 mm (4,035 m)
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.050 mm (4,05 m)
11. Massa per kereta/車両質量 : 26,2 - 34,7 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 312,4 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : 99:14 (7,07)
16. Pengendali/制御装置 : VVVF-GTO Inverter Control/GTO-VVVFインバータ制御
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel TD solid shaft/TD継手式中実軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : TS-1010, TS-1011 bolsterless/ボルスタレス
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式: ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置: Tokyu & Tokyo Metro ATS + CS-ATC
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1992 (Heisei 4/平成4年)
Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah KuHa 200x (T2C) - DeHa 225x (M2) - DeHa 220x (M1) - SaHa 270x (T) - DeHa 235x (M2) - DeHa 230x (M1) - SaHa 280x (T) - DeHa 245x (M2) - DeHa 240x (M1) - KuHa 210x (T1C) dengan konfigurasi 6M4T, di mana x adalah nomor urut/batch rangkaian dari 1 hingga 3.
Keterangan:
TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
6M4T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off
Demikian artikel tentang KRL Tokyu 2000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar