KuHa 161xx (CT1) - MoHa 162xx (M1) - SaHa 163xx (T) - MoHa 164xx (M2) - SaHa 165xx (Tc1) - SaHa 166xx (Tc2) - MoHa 167xx (M2) - SaHa 168xx (T) - MoHa 169xx (M1) - KuHa 160xx (CT2)
dengan konfigurasi 4M6T, di mana xx adalah nomor batch/urutan rangkaian.
Formasi rangkaian lengkap (sementara sampai saat ini mencapai nomor batch ketiga):
16101F = 16101-16201-16301-16401-16501-16601-16701-16801-16901-16001
16102F = 16102-16202-16302-16402-16502-16602-16702-16802-16902-16002
16103F = 16103-16203-16303-16403-16503-16603-16703-16803-16903-16003
Kereta 161xx merupakan kereta khusus bagi penumpang wanita (josei senyou sharyou/女性専用車両), sedangkan kereta 164xx merupakan kereta dengan pendingin AC lemah (jaku reibou sha/弱冷房車).
Pantograf yang digunakan pada 162xx, 164xx, 167xx dan 169xx merupakan pantograf jenis single arm berjumlah satu unit yang terletak pada bagian ujung kereta.
Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1/M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
4M6T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 6 kereta tanpa motor traksi
Demikian pembahasan dari penulis tentang formasi Tokyo Metro 16000, semoga informasi ini bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar