Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-01-28

Semua Tentang Tokyu 8500 Bagian 1 - 東急8500系に就いて その1

Kali ini, penulis akan memberikan bahasan yang mendalam tentang rangkaian KRL eks Tokyu seri 8500, yang menjadi lanjutan tulisan setelah uji coba rangkaian 8604F siang tadi.

Pada saat mulai diproduksi pada tahun 1975 atau Showa 50 (昭和50年), semua rangkaian seri 8500 ini menggunakan formasi dasar 4 kereta asimetris yang diperuntukkan untuk jalur Oimachi, yang terdiri dari:

Kereta 1 | 1号車 : DeHa (デハ) 8600 (M2C) => 8601 ~ 8616
Kereta 2 | 2号車 : DeHa (デハ) 8700 (M1) => 8701 ~ 8716
Kereta 3 | 3号車 : DeHa (デハ) 8800 (M2) => 8801 ~ 8816
Kereta 4 | 4号車 : DeHa (デハ) 8500 (M1C) => 8501 ~ 8516

Semua rangkaian ini masih menggunakan penampil jurusan model gulung manual, tidak ada yang menggunakan LED.

Kemudian, tidak lama setelah itu, rangkaian 4 kereta tersebut ditambahkan kereta SaHa (サハ) 8900 sebagai kereta pengikut, sehingga menjadi formasi 5 kereta yang menjadi ciri khas KRL Tokyu yang beroperasi di jalur Oimachi hingga sekarang ini.

Kereta 1 | 1号車 : DeHa (デハ) 8600 (M2C) => 8601 ~ 8616
Kereta 2 | 2号車 : DeHa (デハ) 8700 (M1) => 8701 ~ 8716
Kereta 3 | 3号車 : SaHa (サハ) 8900 (T) => 8901 ~ 8913
Kereta 4 | 4号車 : DeHa (デハ) 8800 (M2) => 8801 ~ 8816
Kereta 5 | 5号車 : DeHa (デハ) 8500 (M1C) => 8501 ~ 8516

Penambahan kereta pengikut ini hanya untuk rangkaian 8601F hingga 8613F, sementara untuk 8614F hingga 8616F ditambahkan kereta DeHa 8724, 8723 dan 8722 (M1) sebagai kereta 4.

Kemudian, rangkaian 8616F dan 8617F tercatat pernah pula beroperasi di jalur Toyoko dengan formasi 6 kereta yang bercampur dengan rangkaian seri 8000, yaitu:

Kereta 1 | 1号車 : DeHa (デハ) 8600 (M2C) => 8616 ~ 8617
Kereta 2 | 2号車 : DeHa (デハ) 8716 (M1), DeHa (デハ) 8143 (M1)
Kereta 3 | 3号車 : DeHa (デハ) 8717 (M1), KuHa (クハ) 8044 (T1C)*
Kereta 4 | 4号車 : DeHa (デハ) 8816 (M2), KuHa (クハ) 8043 (T2C)*
Kereta 5 | 5号車 : DeHa (デハ) 8722 (M1), DeHa (デハ) 8222 (M2)
Kereta 6 | 6号車 : DeHa (デハ) 8500 (M1C) => 8516 ~ 8517

* = dijual ke Izukyu / 伊豆急行が譲渡された

Pada bulan Februari tahun 1977, rangkaian-rangkaian produksi selanjutnya memiliki formasi 6 kereta yang bisa disebut "tidak karuan", yaitu:

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900/KuHa 8000 - DeHa 8800/8200 - DeHa 8700/8100 - DeHa 8500

8617 - 8723* + 8033* - 8817 - 8133 - 8517
8618** - 8724** + 8034* - 8217 - 8134 - 8518**
8619 - 8725 + 8035* - 8818 - 8135 - 8519
8620 - 8726 + 8036 - 8218 - 8136* - 8520
8621 - 8727 + 8037* - 8819 - 8137 - 8521
8622 - 8728 + 8038 - 8219 - 8138* - 8522
8623 - 8729 + 8039** - 8235 - 8139 - 8523
8624 - 8730 + 8040** - 8220 - 8140 - 8524
8625 - 8731 + 8041 - 8236 - 8141 - 8525
8626 - 8732 + 8042 - 8221 - 8142** - 8526

* = dijual ke Izukyu / 伊豆急行が譲渡された
** = dijual ke PT. Kereta Api Indonesia (Persero) / PT. Kereta Api Indonesia (Persero)が譲渡された

Cukup menarik memang, karena KuHa 8000 sendiri termasuk kereta berkabin masinis maka pada waktu itu persambungannya DeHa 8700 terhubung dengan bagian muka kabin masinis, yang disebut juga "ekor bertemu muka".

Antara tahun 1977 hingga 1978, formasi 6 kereta lintas Toyoko yang saat itu masih beroperasi hingga stasiun Sakuragicho (桜木町) adalah:

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8700 - DeHa 8500
8611 - 8711 - 8911 - 8811 - 8735 - 8511
8612 - 8712 - 8912 - 8812 - 8736 - 8512
8613 - 8713 - 8913 - 8813 - 8737 - 8513
8614 - 8714 - 8914 - 8814 - 8738 - 8514
8616 - 8716 - 8916 - 8816 - 8722 - 8516

di mana rangkaian 8601F hingga 8610F masih tetap mempertahankan formasi aslinya.

Setahun kemudian, terbentuklah rangkaian 8630F dengan formasi 6 kereta dengan susunan demikian:

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8700 - DeHa 8500
8630 - 8748 - 8933 - 8837 - 8749 - 8530

Pada rentang tahun 1978 hingga 1988 tercatat formasi-formasi rangkaian seri 8500 seperti di bawah ini:

A. Tahun 1980-1981 | 昭和55~56年

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800/8200 - DeHa 8100 - DeHa 8500
8617 - 8723 - 8934 - 8817 - 8133 - 8517
8618 - 8724 - 8935 - 8217 - 8134 - 8518
8619 - 8725 - 8936 - 8818 - 8135 - 8519

B. Tahun 1980-1982 | 昭和57年

Tahun 1982 merupakan awal di mana rangkaian seri 8500 ini mulai disusun dengan formasi 8 kereta untuk layanan ekspres (急行停車) lintas Toyoko (東横線) dengan 8601F sebagai percontohan, dengan susunan sebagai berikut:

DeHa 8601 - DeHa 8701 - SaHa 8901 - DeHa 8823 - DeHa 8143 - SaHa 8906 - DeHa 8801 - DeHa 8501

Susunan ini mirip dengan susunan rangkaian 8 kereta seri 8500 di lintas Jabodetabek, akan tetapi untuk daerah Jabodetabek kereta DeHa 8100 digantikan oleh kereta DeHa 8700 karena semua kereta DeHa 8100 sudah dimasukkan ke rangkaian Tokyu 8000.

C. Tahun 1983-1985 | 昭和58~60年

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8700/8100 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8500 (8 kereta/連)

8601 - 8701 - 8901 - 8823 - 8143 - 8906 - 8801 - 8501(layanan ekspres/急行用)
8602 - 8702 - 8902 - 8837 - 8717 - 8907 - 8802 - 8502(layanan ekspres/急行用)
8603 - 8703 - 8903 - 8824 - 8718 - 8908 - 8803 - 8503(layanan ekspres/急行用)
8604 - 8704 - 8904 - 8825 - 8719 - 8909 - 8804 - 8504(layanan ekspres/急行用)

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8500 (7 kereta/連)

8634 - 8778 - 8967 - 8886 - 8968 - 8887 - 8534(layanan lokal/各駅停車用, yang di kemudian hari menjadi layanan sekaligus ikon TOQ BOX.

D. Tahun 1986 | 昭和61年

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8700/8100 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8500

8601 - 8701 - 8901 - 8823 - 8143 - 8906 - 8801 - 8501
8602 - 8702 - 8902 - 8837 - 8717 - 8907 - 8802 - 8502
8603 - 8703 - 8903 - 8824 - 8718 - 8908 - 8803 - 8503
8609 - 8709 - 8950 - 8830 - 8745 - 8926 - 8809 - 8509
8610 - 8710 - 8951 - 8831 - 8746 - 8927 - 8810 - 8510
8611 - 8711 - 8911 - 8832 - 8735 - 8928 - 8811 - 8511

E. Tahun 1987 | 昭和62年

DeHa 8600 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8700 - SaHa 8900 - DeHa 8800 - DeHa 8500

8607 - 8707 - 8948 - 8828 - 8743 - 8924 - 8807 - 8507
8608 - 8708 - 8949 - 8829 - 8744 - 8925 - 8808 - 8508
8610 - 8710 - 8951 - 8831 - 8746 - 8927 - 8810 - 8510
8612 - 8712 - 8912 - 8833 - 8736 - 8929 - 8812 - 8512
8642 - 0710 - 8979 - 0808 - 0711 - 8980 - 0809 - 8542

Pada tahun 1990 (平成2年) mulailah dilakukan retrofit besar-besaran dengan mengubah penampil manual menjadi penampil LED, dan pada tahun ini disusun 4 rangkaian kereta dengan 5 kereta per rangkaian khusus untuk lintas Oimachi yaitu 8638F, 8639F. 8640F dan 8641F, dengan pengecualian rangkaian 8606F, 8607F dan 8610F yang masih mempertahankan penampil tujuan sistem gulung manual.

Seluruh kereta seri 8000 dikembalikan ke formasi 8 kereta yang sebenarnya setelah seluruh rangkaian seri 8500 dengan 8 kereta dan kemudian menjadi 10 kereta per set rangkaian tercukupi.

Demikian bagian pertama dari tulisan ini penulis sampaikan, bagian kedua dari bahasan tentang seri 8500 ini akan dilanjutkan pada kesempatan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar