Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2012-01-28

Uji Coba Tokyu 8500 Batch 8604F - 元東急8500系8604F(第04)編成試運転

Berdasarkan informasi dari rekan penulis bernama Sdr. Adam Santoso, pada hari ini diujicobakan satu set rangkaian 8 kereta eks Tokyu 8500 dengan nomor batch 8604F yang menggunakan skema baru dengan logo baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero), yang mengambil rute Dipo Depok - Sta. Depok - Sta. Bogor - Sta. Depok dan kembali lagi ke Dipo Depok.

Skema warna 8604 kali ini tidak lagi menggunakan warna dominasi kuning-hijau, tetapi menggunakan dominasi warna kuning-biru seperti halnya rangkaian eks Toei 6000 batch 27F, yang mana KRL ini masih memiliki 2 LED aktif di muka dan sepasang LED di bagian samping, sementara LED penampil jurusan berukuran besar di bagian depan telah dilepas dan diganti dengan tampilan logo PT. KAI (Persero).

Dokumentasi dari Sdr. Adam Santoso di stasiun Bogor:

Tokyu 8500 batch 8604F, stasiun Bogor
東急8500系第04編成「8604F」、ボゴル駅にで

8604F dengan KRL ekonomi BN/Holec KL3-97, stasiun Bogor
8604FとBN/HOLEC KL3-97エコノミ普通車、ボゴル駅にで

Kabin masinis
8連列車の乗務員室

Seperti yang pernah penulis katakan untuk 8604F ini, kursi kereta khusus wanita (女性専用車) dan kursi prioritas (儀先席) di kereta campuran menggunakan warna merah, sementara kursi lainnya pada kereta campuran menggunakan warna biru gelap seperti skema warna kursi pada 27F.

Susunan rangkaian 8 kereta untuk seri 8500 batch 8604F ini adalah:

Kereta 1 | 1号車 : DeHa (デハ) 8604 (M2C)
Kereta 2 | 2号車 : DeHa (デハ) 8704 (M1)
Kereta 3 | 3号車 : SaHa (サハ) 8904 (T)
Kereta 4 | 4号車 : DeHa (デハ) 8825 (M2)
Kereta 5 | 5号車 : DeHa (デハ) 8719 (M1)
Kereta 6 | 6号車 : SaHa (サハ) 8909 (T)
Kereta 7 | 7号車 : DeHa (デハ) 8804 (M2)
Kereta 8 | 8号車 : DeHa (デハ) 8504 (M1C)

di mana pada pintu ketiga sebelah kiri kereta DeHa 8504 adalah pintu yang dicangkokkan dari KRL eks Toei seri 6000 yang mengalami kecelakaan di Kebon Pedes dan saat ini masih disimpan di samping los perawatan Balai Yasa Manggarai. Kereta DeHa 8604 dan 8504 juga adalah kereta khusus wanita.

Demikian laporan uji coba pada hari ini, semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Keterangan:
M1C = kereta bermotor traksi penggerak, berkabin masinis dan berpantograf (CHOP)
M2C = kereta bermotor traksi penggerak, berkabin masinis, tanpa pantograf (BATT, CP)
M1 = kereta bermotor traksi penggerak dan berpantograf (CHOP)
M2 =  kereta bermotor traksi penggerak tanpa pantograf (BATT, CP)
T = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak (BATT, MG)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar