Secara desain, KRL ini mengambil konsep dari Tokyo Metro model 1000 yang kini telah dimuseumkan di mana teknologi yang digunakan menyerupai sistem yang terpasang pada rangkaian Tokyo Metro seri 01, namun dengan beberapa pemutakhiran seperti pemasangan monitor LCD interaktif di atas pintu dan bentuk ruang penumpang yang lebih modern. LCD interaktif tersebut menunjukkan stasiun tujuan berikutnya dan informasi penting yang ditampilkan dalam format teks berjalan.
Dengan 4 pintu di setiap sisi yang berukuran lebih lebar, 2 pintu di bagian samping kabin masinis, 1 pintu penghubung kabin masinis ke ruang penumpang dan 1 pintu di muka setiap kabin untuk memenuhi syarat keselamatan pengoperasian kereta bawah tanah, KRL ini menggunakan skema warna kuning khas jalur Ginza yang nyaris sama dengan skema warna kuning pada KRL Tokyo Metro seri 01. Perbedaannya dengan seri 01 adalah pada KRL seri 1000 ini warna kuning tersebut menutupi hampir seluruh bodi KRL yang menggunakan alumunium dan menyisakan warna strip coklat kehitaman, putih dan oranye di bagian tengah bodi rangkaian.
Seperti inilah gambaran KRL Tokyo Metro seri 1000:
Eksterior | 車外
Interior | 車内
Data teknis yang dimiliki KRL seri 1000 ini adalah sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 6 kereta/6両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 : 65 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 80 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 93 orang/人 (28 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 106 orang/人 (40 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 610 orang/人 (216 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 16.000 mm (16 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.550 mm (2,55 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 3.465 mm (3,465 m)
11. Massa per kereta/車両質量 : 26,5 - 29.5 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 164,5 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 164,5 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.435 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 600 V DC sistem rel ketiga (600 V 直流、第三軌条方式)
15. Keluaran daya/編成出力 : 1.200 kW, 120 kW per motor berjenis Permanent Magnet Synchronous Motor (永久磁石同期電動機)
16. Gear ratio/歯車比 : 109:14 (7,79)
17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
18. Drive unit/駆動装置 : WN Drive System/WN駆動方式
19. Bogie/台車 : SC-101 monolink bolsterless type/SC-101ボルスタ付きモノリンク式片軸操舵
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気 指令式空気ブレーキ
21. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro CS-ATC, TASC
22. Pabrik/製造工場:
- Nippon Sharyo/日本車輌製造
23. Tahun pembuatan/製造年 : 2011 (Heisei 23/平成23年)
Susunan rangkaian KRL Tokyo Metro seri 1000 ini adalah sebagai berikut:
Kereta 1 | 1号車 : KuMoHa (クモハ) 1100 (CM1) => 1101 (SIV, BATT)
Kereta 2 | 2号車 : MoHa (モハ) 1200 (M1) => 1201 (VVVF)
Kereta 3 | 3号車 : MoHa (モハ) 1300 (M1') => 1301 (VVVF, CP)
Kereta 4 | 4号車 : MoHa (モハ) 1400 (M2) => 1401 (SIV, BATT)
Kereta 5 | 5号車 : MoHa (モハ) 1500 (M1) => 1501 (VVVF)
Kereta 6 | 6号車 : KuMoHa (クモハ) 1600 (CM2) => 1601 (CP)
dengan konfigurasi 6M0T dan sistem pengambil arus listrik dari rel ketiga.
Keterangan:
CM1 = kereta ujung berkabin masinis dengan motor traksi penggerak dan kontaktor (contact shoe gear) yang menghubungkan sistem kelistrikan di kereta dengan rel ketiga
CM2 = kereta ujung berkabin masinis dengan motor traksi penggerak tanpa kontaktor
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan kontaktor (contact shoe gear) yang menghubungkan sistem kelistrikan di kereta dengan rel ketiga
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa kontaktor
6M0T = rangkaian dengan 6 kereta yang seluruhnya bermotor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Demikian tulisan tentang KRL Tokyo Metro 1000 ini disusun sebagaimana mestinya, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Sumber data + foto: Arsip dan basis data pribadi
Sumber data + foto: Arsip dan basis data pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar