Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-05-27

Kegiatan Ekonomi dan Siklus Aliran Pendapatan (Circular Flow of Income) - Bagian Pertama

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidaklah terlepas dari kegiatan ekonomi, yang mana kegiatan ekonomi tersebut memiliki dua faktor utama, yaitu penawaran (supply, S) dan permintaan (D, demand). Kedua faktor tersebut adalah saling berkaitan, di mana faktor jumlah permintaan mempengaruhi banyaknya penawaran dan sebaliknya.

Secara garis besar, terdapat dua belah pihak yang berperan dalam proses ini, yaitu rumah tangga dan produsen. Rumah tangga itu sendiri mencakup perorangan atau sekelompok individu, sedangkan produsen merupakan kumpulan individu yang memproduksi barang dan/atau jasa, yang mana terdapat kegiatan ekonomi dua sektor yang melibatkan berbagai pelaku ekonomi. Kegiatan ekonomi dua sektor tersebut meliputi corak kegiatan ekonomi sebagai berikut:

a. Corak kegiatan ekonomi subsistem

Kegiatan ekonomi ini hanya melibatkan dua pihak, yaitu pihak rumah tangga (household) dan produsen. Diagram siklus pendapatan (circular flow of income diagram) dari kegiatan ekonomi jenis ini adalah sebagai berikut:

Gambar 1. Skema corak kegiatan ekonomi secara umum

Diagram di atas menggambarkan prinsip sederhana dari kegiatan ekonomi, yang mana perdagangan pada corak ini masih menggunakan metode barter (pertukaran barang).

b. Corak kegiatan ekonomi modern

Dalam corak kegiatan ekonomi jenis ini, penerima-penerima pendapatan (income receiver) menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk disimpan sebagai tabungan, yang mana tabungan ini dapat dialokasikan untuk pengusaha yang memerlukannya dalam investasi, yaitu untuk pembelian bahan baku usaha.
Diagram siklus pendapatan (circular flow of income diagram) dari kegiatan ekonomi jenis ini adalah sebagai berikut:

Gambar 2. Skema corak kegiatan ekonomi modern

Selain kegiatan ekonomi dua sektor, terdapat kegiatan ekonomi tiga sektor dan empat sektor yang mana masing-masing memiliki karakteristik berikut:

1. Kegiatan ekonomi tiga sektor

Dalam kegiatan ekonomi jenis ini, selain pelaku-pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi dua sektor, terdapat juga peranan dan pengaruh pemerintah dalam kegiatan perekonomian yang mana diagram siklus pendapatannya menjadi seperti berikut ini:

Gambar 3
. Skema kegiatan ekonomi tiga sektor


2. Kegiatan ekonomi lima sektor

Kegiatan ekonomi jenis ini tidak hanya melibatkan pelaku-pelaku ekonomi di dalam negeri saja, melainkan juga adanya interaksi dengan pelaku-pelaku ekonomi di luar negeri yang mana memiliki diagram siklus pendapatan sebagai berikut:

Gambar 4. Skema kegiatan ekonomi tiga sektor

Pada bagian kedua, penulis akan menjelaskan mengenai kegiatan ekonomi lima sektor (mengingat kegiatan ekonomi ini mencakup kegiatan ekonomi suatu negara secara keseluruhan) dan perinciannya.


--- Bersambung ---




3 komentar: