Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-12-09

Uji Coba Eks JR East 203 Batch MaTo 51 (Bagian 1) - 元JR東日本203系マト51編成の試運転 その1

Pada siang ini, penulis yang tidak mendapatkan berita apapun tentang uji coba KRL eks JR East seri 203 berikutnya tiba-tiba mendapati pengumuman di stasiun Pondok Cina bahwa akan ada sebuah kereta luar biasa (KLB, 臨時車) yang akan melintas langsung (通過) di jalur 2 (2番線).

This afternoon, me, who didn't get any other news about next trial run of 203 series from JR East suddenly get announcement on Pondok Cina station which said that an extra train (rinjisha) still approaching.

Benar saja, tidak lama setelah pengumuman itu disiarkan, pintu perlintasan (踏切) stasiun Pondok Cina pun menutup sambil membunyikan sirene tanda kehadiran KA, dan di depan mata penulis dari kejauhan beberapa detik kemudian muncullah sosok salah satu keluarga JR East seri 203.

Then, after the annnouncement ends, the train crossing gate on the north closed immediately to give way the mysterious train to pass through the station, and in front of my eyes, one of the 203 series family running on half speed passed in seconds. 

Penulis berhasil mengabadikan momen lewatnya kereta tersebut melalui fitur video di kamera ponsel penulis, yang kemudian saat merekam terbaca plat "KuHa (クハ) 202-1" pada bagian samping kereta tersebut, sehingga penulis memastikan rangkaian tersebut adalah MaTo (マト) 51 yang memiliki penomoran berbeda dari seri 203 lainnya.

So next, I got successful to record the moment of that passing train via cellular phone built-in camera, and when recording I had looked out the "KuHa 202-1" sign on the side of that train, which certainly I recognize it as MaTo 51 train set, with different numbering style from other 203 series.

Dokumentasi dari Bpk. Budi Surono yang ternyata sudah mengetahui kabar uji coba ini:
Photos from Mr. Budi Surono:

MaTo 51, stasiun Bogor
マト51編成、ボゴル駅にで 


MaTo 51 dengan stiker "N" yang berarti "pelabuhan Narita", stasiun Bogor
マト51編成、"N"マークの「成田港」訳合いこと、ボゴル駅にで

Berbeda dengan seri 203 batch MaTo 66 yang masih memperlihatkan warna hijau khas jalur asalnya (Joban/常磐線), MaTo 51 ini sudah dilengkapi strip merah kuning khas PT. KAI Commuter Jabodetabek pada kedua kereta ujung berkabin masinis yaitu KuHa (クハ) 202-1 dan KuHa (クハ) 203-1, yang di kemudian hari akan dioperasikan sebagai kereta khusus wanita.

The main difference from MaTo 66 and MaTo 51 right now is the original Joban line green stripe/livery on the control cars, which MaTo 51 had already sticked the red-yellow PT. KAI Commuter Jabodetabek stripe/livery on both of control cars KuHa (クハ) 202-1 and KuHa (クハ) 203-1, where in the another time they operated as women-only cars.

Susunan rangkaian MaTo 51 dapat dibaca pada bagian ini:
The MaTo 51 train set numbering scheme could be found on this page:



Demikianlah laporan penulis tentang uji coba rangkaian MaTo 51 pada hari ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

This is the end of my report about MaTo 51 trial run today, hopefully this article is useful for all readers.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar