Jenis lokomotif diesel elektrik terbaru milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi UIC Co' Co' yaitu 3 as roda untuk setiap bogie. Perbedaan dengan lokomotif diesel elektrik GE lainnya dengan jenis yang sama adalah lokomotif ini memiliki 2 kabin masinis di ujung muka dan belakang seperti halnya lokomotif listrik seri EF di Jepang, yang mana lokomotif buatan GE sebelumnya hanya memiliki satu kabin masinis di ujung depan.
Berikut ini salah satu dokumentasi dari seorang penggemar KA:
CC 206 double cabin | 機関車の二重運転台
Data teknis lokomotif CC 206 ini adalah sebagai berikut:1. Panjang/全長: 19.000 mm (19 m)
2. Massa/質量: 85 ton
3. Jenis mesin/機関形式: GE 7FDL-8 dengan ECU
4. Keluaran daya mesin/機関出力: 2.165 HP
5. Jenis alternator/交流発電型: 5GTA11H1
6. Jenis motor traksi/モーター型: 5GE671A22
7. Jenis auxiliary generator/補助発電型: 5GY27L2
8. Pengendali/制御装置: Brightstar CCA
9. Kapasitas tangki/タンク容量: 3.000 liter
10. Diameter roda/車輪径: 914 mm
11. Gaya tarik maksimum/最高引張力: 124 kN
12. Gaya tarik kontinu/連続重力: 206 kN
13. Kode pabrikan/製造番号: CM20-EMP
14. Sistem transmisi daya/電力伝送: AC-DC/交流 - 直流モーター
Unit pertama yang belum lama ini didatangkan melalui pelabuhan Tanjung Priok dan dibawa dengan trailer menuju Balai Yasa Pengok Yogyakarta adalah CC 20601 (CC 206 13 01). Lokomotif ini dirancang sebagai lokomotif multifungsi yang dapat digunakan sebagai penarik rangkaian kereta api penumpang maupun barang seperti halnya CC 300.
Demikianlah informasi yang dapat penulis berikan saat ini, semoga bermanfaat.
Sumber dokumentasi/画像原因: Priyo Kereta Api & portal semboyan35.com
Tambahan/追加:
Jumlah unit pertama yang didatangkan ke pulau Jawa adalah sebanyak 6 unit, yang memiliki nomor seri CC 20601 (CC 206 13 01) sampai CC 20606 (CC 206 13 06).
ogeeeee
BalasHapustetep cinta cc 201&203
BalasHapus