Desain KRL ini sangat berbeda dengan KRL Tokyu seri 3000 yang sebelumnya, di mana terdapat 4 pintu pada setiap sisinya dan 1 pintu pada kabin masinis untuk memenuhi standar keselamatan operasi bawah tanah, dan menggunakan penampil LED untuk menyatakan tujuan rangkaian.
Dalam pengoperasiannya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyu Meguro: stasiun Meguro hingga stasiun Hiyoshi
- Tokyo Metro Namboku: stasiun Akabane-iwabuchi hingga stasiun Meguro
- Saitama Rapid Railway: stasiun Urawa Misono hingga stasiun Akabane-iwabuchi
- Toei Mita Line: stasiun Meguro hingga stasiun Nishi-takashimadaira
Sistem penggerak KRL ini menggunakan VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV) untuk menggerakan motor traksi.
Foto KRL Tokyu N3000:
KRL yang dirakit dengan bodi alumunium alloy ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation yang memiliki spesifikasi dasar sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 6 kereta/6両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Meguro/東急目黒線: 110 km/h- Jalur Tokyo Metro Namboku - Saitama Rapid Railway/地下鉄南北線・埼玉高速線内: 80 km/h- Jalur Toei Mita/都営三田線: 75 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 141 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 151 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 886 orang/人 (+/- 312 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.300 mm (20,3 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.770 mm (2,77 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.065 mm (4,065 m)
11. Massa per kereta/車両質量 : 26,0 - 33,5 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 180,5 ton
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Motor penggerak utama/主電動機 : 190 kW motor induksi 3-fase/190 kW かご形三相誘導電動機 (TKM 98/99)
16. Gear ratio/歯車比 : 87:14 (6,21)
17. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel TD-driven poros pejal/TD継手式中実軸平行カルダン駆動方式
19. Bogie/台車 : TS-1019, TS-1020 bolsterless dengan pegas udara/ボルスタレス方式空気バネ台車
20. Sistem pengereman/ブレーキ方式: Pengereman elektropneumatik regeneratif HRDA-2/回生ブレーキ併用電気指令式空気ブレーキ
21. Sistem keamanan/保安装置: Tokyu & Tokyo Metro ATS + CS-ATC, ATO, TASC
22. Tahun pembuatan/製造年 : 1999 (Heisei 11/平成11年)
Stamformasi rangkaian KRL ini secara umum adalah KuHa 30xx (T2C) - DeHa 325x (M2) - DeHa 32xx (M1) - SaHa 35xx (T) - DeHa 34xx (M3) - KuHa 31xx (T1C) dengan konfigurasi 3M3T, di mana x adalah nomor urut/batch rangkaian dari 1 hingga 13.
Catatan:
Beberapa unit kereta dari set rangkaian 3001F dan 3002F dialihkan operasinya ke jalur Toyoko, di mana keduanya dibentuk menjadi set rangkaian 8 kereta dengan formasi 3001 (T2C) - 3251 (M2) - 3201 (M1) - 3501 (T) - 3502 (T) - 3252 (M2) - 3202 (M1) - 3101 (T1C), yang mana rangkaian ini memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta kelima dari depan (3502).
Keterangan:
TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1, M3 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan dua pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) berjenis konstruksi lengan tunggal (single arm)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf, dilengkapi dengan inverter statis, kompresor udara dan baterai
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
3M3T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Demikian artikel tentang KRL Tokyu N3000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar