Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-07-15

Kereta Khusus Wanita bagi KRL Ekonomi (Jilid 3) - 各駅停の女性専用車 (3代)

Menindaklanjuti dua jilid pertama dari artikel kereta khusus wanita pada KRL ekonomi, penulis mencoba menelusuri keberadaan kereta khusus wanita lainnya pada seluruh rangkaian KRL ekonomi, di mana penulis mendapati satu rangkaian Hitachi dan satu rangkaian KRL rheostatik mild steel beserta satu rangkaian KRL BN/Holec telah menggunakan tanda kereta khusus wanita pada setiap kereta ujung berkabin masinis.

Seperti inilah "penampakan" kereta khusus wanita pada KRL Hitachi dan rheostatik mild steel:

KRL Hitachi dengan KKW di stasiun Bogor
女性専用の日立電車、ボゴル駅にで

KRL Hitachi dengan KKW di stasiun Sudirman
女性専用の日立電車、スドリマン駅にで


KRL rheostatik mild dengan KKW
女性専用の日本車両に各駅停車にで


KRL BN/HOLEC dengan KKW
女性専用のBN/HOLEC車両に各駅停車にで


Sayangnya hingga saat ini penerapan kereta khusus wanita hanya dilakukan di semua kereta kelas Commuter Line yang memiliki pendingin udara atau AC, sedangkan untuk kelas ekonomi masih belum dilakukan mengingat seluruh KRL ekonomi beroperasi dengan 2 set rangkaian di mana 1 set rangkaian memiliki 4 kereta, dan pemberlakuannya juga perlu menunggu surat dari jajaran petinggi PT. KAI (Persero) & PT. KCJ.

Penulis belum mengetahui pasti rangkaian Hitachi dan Holec yang telah menggunakan kereta khusus wanita tersebut, tetapi menulis mendapati rangkaian rheostatik mild KL3-76114F juga telah menggunakan stiker kereta khusus wanita pada kereta ujung berkabin masinis dan kabarnya rangkaian Holec KL3-2002206F akan menggunakan stiker yang sama.

NB: Rheostatic train photo courtesy of Hanif P, Holec train photo courtesy of Andi Katyusha.

- Indonesian Railway Corner ~ Aktual, Kritis, Mengupas Tuntas Perkeretaapian Indonesia & Jepang -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar