Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-07-19

Kereta Pustaka Indonesia - インドネシアの文庫車

Berdasarkan informasi dari seorang rekan penulis, hari ini telah diresmikan kereta pustaka Indonesia yang mana selanjutnya akan menjadi kereta baca dan museum bergerak, di mana sebelumnya kereta ini berdinas sebagai kereta bagasi di lintas Jakarta-Rangkasbitung-Merak yang digabungkan dengan rangkaian KA ekonomi Rangkasbitung.

Kereta ini sendiri merupakan kereta bekas KRD MCW 302 dengan 3 pintu yang mulai berdinas tahun 1980 di mana karena terjadi kerusakan sistem mesin dan transmisi maka kereta ini dimodifikasi menjadi kereta bagasi dengan 2 pintu dan karena statusnya diubah menjadi kereta pustaka nomornya kemudian diubah menjadi B-80101.

Dokumentasi:


Kereta Pustaka di stasiun Manggarai
文庫車、マンッガライ駅にで

Penulis sendiri mendapati kereta ini telah beroperasi sejak siang tadi dan berada di stasiun Jakarta Kota, yang mana di kemudian hari akan dipergunakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai media edukasi dan informasi bagi masyarakat tentang sejarah dan manfaat transportasi kereta api serta menyosialisasikan budaya gemar membaca di kalangan masyarakat.

Demikian informasi tentang kereta pustaka ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Photo courtesy of Yudi Ardiyanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar