Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-11

Tokyu 1000 - 東急1000系

Tokyu 1000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Toyoko, Ikegami dan Tamagawa, dan beberapa unitnya melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Tokyo Metro Hibiya hingga stasiun Kita-senju. Dalam operasinya, KRL ini melayani jurusan sebagai berikut:
  • Toyoko: stasiun Naka-meguro hingga stasiun Kikuna
  • Ikegami: stasiun Gotanda hingga stasiun Kamata
  • Tamagawa: stasiun Tamagawa hingga stasiun Kamata
KRL ini diproduksi sebanyak 8 set rangkaian 8 kereta untuk jalur Toyoko dan 15 set rangkaian 3 kereta untuk jalur Ikegami dan Tamagawa, yang keseluruhannya berjumlah 109 unit kereta. Sistem penggeraknya menggunakan VVVF-GTO yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).

Foto KRL Tokyu seri 1000:



KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 :
- 8 kereta/8両編成 (jalur Toyoko - Hibiya/東横線 - 日比谷線用)
- 3 kereta/3両編成 (jalur Ikegami - Tamagawa/池上線 - 多摩川線用)

2. Percepatan/起動加速度 : 3,5 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Toyoko/東横線: 110 km/h
- Jalur Tokyo Metro Hibiya/地下鉄日比谷線: 80 km/h
- Jalur Tokyu Ikegami/池上線: 85 km/h
- Jalur Tokyu Tamagawa/多摩川線: 80 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 125 orang/人 (44 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 135 orang/人 (48-52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 8 kereta/8両編成: 1.060 orang/人 (392 tempat duduk/座席)
- 3 kereta/3両編成: 385 orang/人 (136 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 3.990 mm (3,9 m)
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.000 mm (4 m)

11. Massa per kereta/車両質量 :
- 1001F - 1008F: Kereta kendali/制御車 = 25,7 ton, kereta berpenggerak/電動車 = 32,7 ton
- 1010F - 1024F: Kereta TC = 29,5 ton, kereta M2 = 32,5 ton, kereta M1C = 33,8 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : 294,3 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Gear ratio/歯車比 : 85:14 (6,07)

16. Pengendali/制御装置 : VVVF-GTO Inverter Control/GTO-VVVFインバータ制御

17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式

18. Bogie/台車 : TS-1006, TS-1007 bolsterless/ボルスタレス

19. Sistem pengereman/ブレーキ方式: ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ

20. Sistem keamanan/保安装置: Tokyu & Tokyo Metro ATS + CS-ATC, Tokyu TASC (Ikegami & Tamagawa)

21. Tahun pembuatan/製造年 :
- 1001F-1002F: 1988
- 1003F-1007F: 1989
- 1008F, 1010F-1013F: 1990
- 1014F-1020F: 1991
- 1022F-1024F: 1992

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah:
  1. KuHa 10xx (T2C) - DeHa 125x (M2) - DeHa 12xx (M1) - DeHa 135x (M2) - DeHa 13xx (M1) - DeHa 145x (M2) - DeHa 14xx (M1) - KuHa 11xx (T1C) dengan formasi 6M2T untuk jalur Toyoko di mana xx adalah angka dari 01 hingga 08, dan x adalah angka dari 1 hingga 8;
  2. KuHa 10xx (TC) - DeHa 12xx (M1/M2) - DeHa 13xx (M1C) dengan formasi 2M1T untuk jalur Ikegami dan Tamagawa di mana xx adalah angka dari 10 hingga 24, untuk unit 1010F, 1011F, 1013F, 1014F, 1016F, 1017F, 1019F, 1023F dan 1024F menggunakan pantograf bentuk kubus (diamond-shape), sedangkan unit sisanya menggunakan pantograf jenis lengan tunggal (single arm).
Keterangan:

TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
6M2T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 2 kereta tanpa motor traksi
2M1T = rangkaian dengan 2 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off

Catatan: Empat set dari rangkaian 3 kereta jurusan Ikegami/Tamagawa yaitu 1014F, 1015F, 1016F dan 1018F telah dijual ke Ueda Electric Railway dengan stamformasi dua kereta (TC-M1C) dan dua set dari rangkaian 3 kereta lainnya yaitu 1010F dan 1011F telah dijual ke Iga Railway, juga dengan stamformasi dua kereta (TC-MC).

Persebarannya:

a. Ueda Electric Railway

1001F: KuHa 1101 - MoHa 1001, berasal dari kereta KuHa 1015 - DeHa 1315
1002F: KuHa 1102 - MoHa 1002, berasal dari kereta KuHa 1018 - DeHa 1318
1003F: KuHa 1103 - MoHa 1003, berasal dari kereta KuHa 1014 - DeHa 1314
1004F: KuHa 1104 - MoHa 1004, berasal dari kereta KuHa 1016 - DeHa 1316

Modifikasi yang dilakukan: Mengubah pantograf menjadi berjenis lengan tunggal (single arm) dan menambah satu pantograf di atas kabin masinis kerets MoHa 100x (x adalah angka 1 hingga 4).

b. Iga Railway

201F: Mo 201 - Ku 101, berasal dari kereta DeHa 1310 - KuHa 1010, dengan warna biru
202F: Mo 202 - Ku 102, berasal dari kereta DeHa 1311 - KuHa 1011, dengan warna merah muda
203F: Mo 203 - Ku 103, berasal dari kereta DeHa 1406 - KuHa 1106, dengan warna merah bercampur biru
204F: Mo 204 - Ku 104, berasal dari kereta DeHa 1206 - KuHa 1006, dengan warna kombinasi
205F: Mo 205 - Ku 205, berasal dari kereta DeHa 1306 - DeHa 1356, dengan warna kombinasi

Modifikasi yang dilakukan: Menambah 1 pantograf di kereta bermotor traksi dan kereta Mo 203 & Mo 204 yang berkabin masinis rakitan.
Untuk Mo 205 dan Ku 205 sendiri keduanya berkabin modifikasi dengan kereta DeHa 1356 diubah menjadi kereta tanpa motor traksi.

Demikian artikel tentang KRL Tokyu 1000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Pemutakhiran:
Per 16 Maret 2013, mengingat layanan terusan ke lintas Hibiya sudah berakhir maka seri 1000 pun seluruhnya sudah berhenti beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar