Tokyo Metro seri 6000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Chiyoda (千代田線) antara stasiun Yoyogi-uehara dengan stasiun Ayase, dan salah satu rangkaiannya ada yang menjadi feeder (pembantu) antara stasiun Ayase dengan Kita-ayase.
KRL ini diproduksi sebanyak 35 set rangkaian 10 kereta dan 1 set rangkaian 3 kereta, yang keseluruhannya berjumlah 353 unit kereta. Sistem penggeraknya pun bervariasi dari chopper hingga VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter, di mana KRL ini memiliki empat pintu untuk ruang penumpang di setiap pintunya, dua pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah.
KRL ini juga menjadi prototipe dari pembuatan KRL seri 7000 yang beroperasi di lintas Yurakucho dan Fukutoshin di mana stamformasi yang digunakan sama persis dengan stamformasi rangkaian seri 6000 yang menggunakan motor chopper.
KRL ini juga menjadi prototipe dari pembuatan KRL seri 7000 yang beroperasi di lintas Yurakucho dan Fukutoshin di mana stamformasi yang digunakan sama persis dengan stamformasi rangkaian seri 6000 yang menggunakan motor chopper.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyo Metro Chiyoda: stasiun Ayase (綾瀬) hingga stasiun Yoyogi-uehara (代々木上原)
- JR East Joban: stasiun Ayase hingga stasiun Toride (取手)
- Odakyu Tama/Odawara: stasiun Karakida (唐木田)/Hon-atsugi (本厚木) hingga stasiun Yoyogi-uehara
Foto KRL Tokyo Metro 6000:
Uniknya, dalam daftar rangkaian yang ada terdapat satu set KRL Tokyo Metro 6000 yang masih mempertahankan bentuk aslinya dengan pantograf berada pada kereta terdepan, yaitu rangkaian 6101F. KRL ini diketahui juga menjadi desain dasar dalam pengembangan KRL Tokyo Metro seri 8000 yang juga menggunakan bodi alumunium namun dengan model yang disesuaikan dengan lintas Hanzomon.
Rangkaian KRL Tokyo Metro 6000 secara umum memiliki urutan nomor sebagai berikut:
61xx - 62xx - 63xx - 64xx - 65xx - 66xx - 67xx - 68xx - 69xx - 60xx,
di mana xx adalah nomor urut rangkaian dengan stamformasi sebagai berikut:
- 6101F = KuMoHa 6101 (CM1) - MoHa 6201 (M2) - MoHa 6301 (M1) - MoHa 6401 (M2) - SaHa 6501 (Tc1) - SaHa 6601 (Tc2) - SaHa 6701 (Tp) - SaHa 6801 (T) - MoHa 6901 (M1) - KuMoHa 6001 (CM2), motor traksi VVVF-IGBT (konfigurasi 6M4T).
- 6102F, 6104F, 6108F, 6109F, 6114F, 6116F, 6117F hingga 6121F = KuHa 61xx (CT1) - MoHa 62xx (M1) - MoHa 63xx (M2) - SaHa 64xx (Tc1) -
MoHa 65xx (M1) - MoHa 66xx (M2) - SaHa 67xx (Tc2) - SaHa 68xx (T) - MoHa
69xx (M1) - KuMoHa 60xx (CM2), motor traksi VVVF-IGBT (konfigurasi 6M4T).
- 6103F, 6105F, 6106F, 6107F, 6110F hingga 6113F, 6115F, 6123F, 6125F hingga 6127F, 6133F = KuHa 61xx (CT1) - SaHa 62xx (T) - MoHa 63xx (M1) - MoHa 64xx (M2) - SaHa 65xx (Tc1) - SaHa 66xx (Tc2) - MoHa 67xx (M1) - MoHa 68xx (M2) - MoHa 69xx (M1) - KuMoHa 60xx (CM2) , motor traksi chopper (konfigurasi 6M4T).
- 6122F, 6124F, 6128F hingga 6133F = KuHa 61xx (CT1) - SaHa 62xx (T) - MoHa 63xx (M1) - MoHa 64xx (M2) - SaHa 65xx (Tc1) - SaHa 66xx (Tc2) - MoHa 67xx (M1) - MoHa 68xx (M2) - MoHa 69xx (M1) - KuHa 60xx (CT2) , motor traksi VVVF-IGBT (konfigurasi 5M5T).
- 6134F, 6135F = KuHa 61xx (CT1) - MoHa 62xx (M1) - MoHa 63xx (M2) - SaHa 64xx (Tc1) - MoHa 65xx (M1) - MoHa 66xx (M2) - SaHa 67xx (Tc2) - SaHa 68xx (T) - MoHa 69xx (M1) - KuMoHa 60xx (CM2), motor traksi chopper (konfigurasi 6M4T).
Khusus untuk seri 6000-1F stamformasinya adalah KuHa 6000-1 (CTp) - MoHa 6000-2 (M1) - KuMoHa 6000-3 (CM2) , dengan motor traksi chopper (konfigurasi 2M1T), yang beroperasi di lintas Ayase hingga Kita-ayase.
KRL ini diproduksi oleh pabrik Kawasaki Heavy Industries, Nippon Sharyo, Kinki Nippon Car Corporation dan Tokyu Car Corporation (khusus untuk seri 6000-1F diproduksi oleh Kisha), dengan spesifikasi berikut:
1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Chiyoda/地下鉄千代田線: 80 km/h
- Jalur JR East Joban/国鉄常磐線: 90 km/h
- Jalur Odakyu Tama -- Odawara/小田急多摩線・小田原線: 100 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,7 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,7 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 136 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (54 tempat duduk/座席)
7. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)
8. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
9. Tinggi kereta/全高 : 4.135 mm
10. Massa per kereta/車両質量 :
- 22,5 - 33,0 ton (batch 1/1次量産車落成時)
- 24,8 - 36,1 ton (batch 6/6次量産車落成時)
11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
13. Keluaran daya/編成出力 : +/- 3280 kW
14. Gear ratio/歯車比 : 98:15 (6,53)
15. Pengendali/制御装置 :
- Armature chopper/電機子チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御
16. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン
17. Bogie/台車 : FS-378, FS-378A, FS-378B, FS-523
18. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ
19. Sistem keamanan/保安装置 : CS-ATC (model 10), Odakyu OM-ATS
20. Pabrik/製造工場 :
20. Pabrik/製造工場 :
- Kisha/汽車会社
- Nippon Sharyo/日本車輌製造
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Kinki Nippon Car Corporation/近畿車輌
- Tokyu Car Corporation/東急車輌製造
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1968 (Showa 43/昭和43年)
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1968 (Showa 43/昭和43年)
Keterangan:
CM1 = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
CM2= kereta dengan motor traksi penggerak berkabin masinis, tanpa pantograf (khusus untuk 6000-3 memiliki pantograf)
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
CTp = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan pantograf dan kabin masinis
CTp = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan pantograf dan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
Tp = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan pantograf tunggal
Tp = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan pantograf tunggal
6M4T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
5M5T = rangkaian dengan 5 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
2M1T = rangkaian dengan 2 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Catatan:
Dua unit rangkaian seri 6000 yaitu 15F dan 26F kini telah berada di lintas Jabodetabek di mana rangkaian 26F telah beroperasi dengan formasi 8 kereta di lintas Bogor dan Bekasi.
Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 6000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar