Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-06

Tokyo Metro 05 & 05N - 東京メトロ05~05N系

Tokyo Metro seri 05 dan 05N merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Tozai (東西線) antara stasiun Nakano (中野) dengan stasiun Nishi-Funabashi (西船橋), yang berpangkal di dipo induk Fukagawa (深川).

KRL ini diproduksi sebanyak 43 set rangkaian 10 kereta, yang keseluruhannya berjumlah 430 unit kereta. Sistem penggeraknya pun bervariasi mulai dari chopper pada batch awal hingga VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter pada batch akhir.

KRL ini memiliki empat pintu untuk ruang penumpang di setiap pintunya, dua pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka untuk memenuhi standar keselamatan kereta bawah tanah. KRL ini juga dilengkapi penampil jurusan berupa LED pada bagian dalam atau interior baik batch awal maupun batch akhir, di mana yang membedakan adalah rangkaian batch awal menggunakan penampil model gulung di bagian luar sementara rangkaian batch akhir menggunakan penampil model LED pada eksterior.

Foto KRL Tokyo Metro 05:


Foto KRL Tokyo Metro 05N:


KRL ini dirakit dengan bodi alumunium oleh Hitachi Co. Ltd, Kawasaki Heavy Industries, Nippon Sharyo, Kinki Nippon Car Corporation dan Tokyu Car Corporation dengan spesifikasi dasar sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 :
- Nomor 01F - 43F: 3,0 km/h/s
- Hanya nomor 14F/第14編成のみ: 3,2 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 : 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 :
- Nomor 01F - 33F/第01 - 33編成: 110 km/h
- Nomor 34F dan seterusnya/第34編成以降: 120 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 5,0 km/h/s (darurat/非常)

6. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.270 mm (20,27 m)
- Tengah/中間車: 20.000 mm (20 m)

7. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

8. Tinggi kereta/全高 : 4.022 - 4.135 mm
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.080 - 4.145 mm

9. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

10. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

11. Pengendali/制御装置 :
- Chopper shunt/高周波分巻チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

12. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

13. Bogie/台車 : SS-061. SS-161 sistem pegas udara jenis bolsterless/SS-061、SS-161ボルスタレス方式空気バネ台車

14. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

15. Sistem keamanan/保安装置 : JR East ATS-P, Tokyo Metro ATC, Toyo Rapid WS-ATC

16. Pabrik/製造工場 :
- Hitachi Co. Ltd./日立製作所
- Nippon Sharyo/日本車輌製造
- Kawasaki Heavy Industries/川崎重工業
- Kinki Nippon Car Corporation/近畿車輌
- Tokyu Car Corporation/東急車輌製造

17. Tahun pembuatan/製造年 : 1988 (Showa 63/昭和63年)

Semua KRL Tokyo Metro 05 dan 05N memiliki stamformasi 10 kereta yang secara umum bernomor 05-1xx - 05-2xx - 05-3xx - 05-4xx - 05-5xx - 05-6xx - 05-7xx - 05-8xx - 05-9xx - 05-0xx di mana xx adalah nomor urut rangkaian, dengan susunan berikut:

Seri 05/05編成

- 05-101F hingga 05-118F (kecuali 05-114F) = KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - SaHa 05-4xx (Tc) - MoHa 05-5xx (Mc1) - SaHa 05-6xx (T) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi chopper (5M5T), dengan dua pantograf bentuk kubus (diamond-shape) di setiap kereta M1.

- 05-114F = KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - SaHa 05-4xx (Tc1) - SaHa 05-5xx (Tc2) - SaHa 05-6xx (T) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi VVVF-GTO (4M6T), dengan dua pantograf bentuk kubus (diamond-shape) di setiap kereta M1.

- 05-119F hingga 05-124F = KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - SaHa 05-4xx (Tc1) - SaHa 05-5xx (Tc2) - SaHa 05-6xx (T) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi VVVF-IGBT (4M6T), dengan satu pantograf bentuk kubus (diamond-shape) di setiap kereta M1.

Seri 05N/05N編成

- 05-125F hingga 05-133F= KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - MoHa 05-4xx (M1) - SaHa 05-5xx (Tc1) - SaHa 05-6xx (Tc2) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi VVVF-IGBT (5M5T), dengan satu pantograf bentuk kubus (diamond-shape) di setiap kereta M1.

- 05-134F= KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - SaHa 05-4xx (Tc) - MoHa 05-5xx (Mc1) - SaHa 05-6xx (T) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi VVVF-IGBT (5M5T), dengan dua pantograf bentuk lengan tunggal (single arm) di setiap kereta M1.

- 05-135F hingga 05-143F = KuHa 05-1xx (CT1) - MoHa 05-2xx (M1) - MoHa 05-3xx (M2) - SaHa 05-4xx (Tc) - MoHa 05-5xx (Mc1) - SaHa 05-6xx (T) - SaHa 05-7xx (T) - MoHa 05-8xx (M1) - MoHa 05-9xx (M2) - KuHa 05-0xx (CT2), motor traksi VVVF-IGBT (5M5T), dengan satu pantograf bentuk lengan tunggal (single arm) di setiap kereta M1.

Keterangan:

CT1, CT2 = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
Mc1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak, pantograf tunggal dan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
6M4T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
5M5T = rangkaian dengan 5 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor

Spesifikasi lanjutan dari Tokyo Metro 05 (silakan simpan gambar di bawah ini untuk membacanya):


Catatan: Lima rangkaian kereta dari set 05 yaitu rangkaian 05-102F, 05-107F, 05-108F, 05-109F dan 05-110F diberikan ke PT. KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), sedangkan rangkaian 05-111F menurut kabar yang beredar telah dirucat/dihancurkan (scrap) karena sudah tidak beroperasi lagi.

Setelah 5 set tersebut, dikabarkan rangkaian 05-04F, 05-05F dan 05-12F telah diberangkatkan dari pelabuhan Kawasaki untuk selanjutnya menuju pelabuhan Tanjung Priok.

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 05 dan 05N ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar