Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-11-21

Festival Kereta Api Stasiun Tanjung Priok 20 November 2011 - 2011年11月20日のタンジュンプリオク駅鉄道フェスタ

Pada hari Minggu (日曜日), 20 November 2011, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mengadakan festival kereta api Indonesia yang bertujuan memberikan gambaran dan masa depan angkutan kereta api yang berbasis rel di Indonesia yang bertempat di stasiun Tanjung Priok (タンジュンプリオク駅).

Festival ini tidak hanya dihadiri oleh penulis semata, namun diikuti juga oleh berbagai penggemar KA baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terutama Jepang yang sempat berkontribusi dalam tulisan-tulisan yang disusun oleh penulis dalam hal dokumentasi dan informasi pengiriman KA dari negerinya ke Indonesia.

Rangkaian KA wisata Tanjung Priok sendiri menggunakan rangkaian KRL eks Tokyo Metro 05 batch 05-07F dengan interior yang dihiasi berbagai iklan seputar kereta api, yang mana rangkaian tersebut berangkat dari stasiun Gambir menuju Tanjung Priuk sebagai KLB (kereta luar biasa atau disebut rinjisha/臨時車). Penulis sendiri mendapati komunitas KRL Mania, KESI (Komunitas Edan Sepur Indonesia) dan berbagai organisasi penggemar KA hadir dalam acara ini.

Perjalanan menuju Tanjung Priok penulis lakukan dengan menaiki KRL Commuter Line Tanjung Priok yang berjalan secara reguler dengan nomor 5591 yang menggunakan rangkaian 6151F atau 15F eks Toei 6000 "Hibah" , di mana pada lokasi acara penulis mendapati satu unit kereta bagasi yang diubah menjadi "Kereta Pustaka Indonesia" yang sempat penulis bahas beberapa waktu yang lalu, dan juga lokomotif diesel hidrolik (油圧式ディーセル機関車) BB 30349 berwarna putih yang dimutasi dari dipo Cirebon ke dipo Tanah Abang beserta rangkaian KA ekonomi lokal tujuan Cikampek.

Meskipun penulis kesulitan melakukan dokumentasi karena banyaknya orang yang berada di lokasi, penulis bersyukur masih ada yang memberikan dokumentasi untuk keperluan laporan ini.

Dokumentasi dari rekan penulis, Gausulfardi Hakim:

05-07F, KLB wisata Tanjung Priok
東京メトロ05-07F、タンジュンプリオク駅の旅行臨時車 

Papan pengumuman ketentuan baru - 新規定の掲示板

Sejarah stasiun Tanjung Priok - タンジュンプリオク駅の歴史

Jadwal KA stasiun Tanjung Priok - タンジュンプリオク駅の時刻表 

Lokomotif BB 30349 - BB 30349油圧式ディーセル機関車


8607F, KA Wisata Ancol, jalur gaya Jepang di sebelah kiri
東急8500の8607F、アンチョルの旅行各停車両、日本様式の左番線


Acara festival berlangsung dengan cukup meriah, selain pengunjung dapat membeli pernik-pernik bertemakan kereta api, berlangsung juga sambutan dan narasi seputar kereta api oleh pejabat terkait Daop I Jakarta.

Demikian laporan yang dapat penulis sampaikan dari acara festival kereta api di stasiun Tanjung Priok ini, semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar