Tokyu 7700 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Ikegami dan Tamagawa, yang mana diproduksi sebanyak 15 set rangkaian dengan setiap setnya memiliki tiga kereta, sehingga berjumlah keseluruhan 45 unit kereta.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Ikegami: stasiun Gotanda hingga stasiun Kamata
- Tamagawa: stasiun Tamagawa hingga stasiun Kamata
Sistem penggerak KRL jenis ini sebagian besar menggunakan VVVF-GTO dengan kendali inverter, namun pada rangkaian 7915F sistem penggeraknya menggunakan VVVF-IGBT dengan kendali inverter statis (SIV).
Foto KRL Tokyu seri 7700:
Skema biasa
Skema "kabuki"
Skema rakitan khusus rangkaian 7915F:
KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 3 kereta/3両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,0 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Ikegami/池上線: 85 km/h
- Jalur Tokyu Tamagawa/多摩川線: 80 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 124 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 133-134 orang/人 (52-56 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 : 381 orang/人 (148 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 3.990 mm (3,9 m)
- Kereta berpantograf/パンタ付車両: 4.000 mm (4 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- DeHa 7700/デハ7700: 34,2 ton (7715 = 35,0 ton)
- DeHa 7800/デハ7800: 33,4 ton (7815 = 33,8 ton)
- KuHa 7900/クハ7900: 30,8 ton (7915 = 30,4 ton)
12. Massa total rangkaian/編成質量 : 98,4 ton (7915F = 99,2 ton)
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : 85:14 (6,07)
16. Pengendali/制御装置 :
- VVVF-GTO Inverter Control/GTO-VVVFインバータ制御 (7901F - 7914F)
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御 (7915F)
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : TS-832, TS-835 dengan pegas udara/軸バネ式空気バネ
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式: ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置: Tokyu ATS + CS-ATC, Tokyu TASC
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1987 (Showa 62/昭和62年)
Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah KuHa 79xx (TC) - DeHa 78xx (M1, merangkap juga sebagai M2) - DeHa 77xx (M1C) dengan formasi 2M1T, di mana x adalaha angka 01 hingga 15, yang mana rangkaian 7901F hingga 7914F menggunakan pantograf bentuk kubus (diamond-shape), sedangkan rangkaian 7915F menggunakan pantograf jenis lengan tunggal (single arm) pada masing-masing kereta M1/M2 dan M1C.
Keterangan:
TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
2M1T = rangkaian dengan 2 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Catatan:
1. Tiga set kereta dari keseluruhan rangkaian Tokyu seri 7700 yaitu 7904F, 7909F dan 7911F telah dijual ke Towada Kanko Electric Railway dengan stamformasi sebagai berikut:
- 7901F: KuHa 7901 - MoHa 7701, berasal dari kereta KuHa 7904 - DeHa 7704
- 7902F: KuHa 7902 - MoHa 7702, berasal dari kereta KuHa 7909 - DeHa 7709
- 7903F: KuHa 7903 - MoHa 7703, berasal dari kereta KuHa 7911 - DeHa 7711
dengan pengubahan sistem penggerak VVVF-GTO menjadi VVVF-IGBT dengan inverter statis (SIV).
2. Kereta set 7915F dikabarkan akan mengalami rucat/pemusnahan karena pihak perusahaan menganggap masa operasi KRL seri tersebut sudah habis dan tidak ada satu operator pun yang membelinya.
Demikian artikel tentang KRL Tokyu 7700 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar