Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-12

Tokyo Metro 02 - 東京メトロ02系

Tokyo Metro 02 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Marunouchi antara stasiun Ogikubo/Nakano-fujimicho dan stasiun Ikebukuro pada jalur utama dan stasiun Honancho hingga stasiun Nakano-sakaue untuk jalur cabang, yang berpangkal di dipo Nakano dan Koishikawa. KRL ini diproduksi oleh pabrik Kawasaki, Kinki, Nippon Sharyo dan Tokyu sebanyak 53 unit rangkaian 6 kereta, yang berjumlah keseluruhan 424 unit kereta. Sistem penggeraknya terdiri dari dua macam, yaitu motor chopper shunt dan VVVF-IGBT yang dilengkapi dengan inverter statis (SIV).

Foto KRL Tokyo Metro 02:


KRL ini dirakit dengan bodi alumunium yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 6 kereta/6両編成

2. Percepatan/起動加速度 :
- Chopper/分巻チョッパ車: 3,0 km/h/s
- VVVF Inverter/VVVFインバータ車: 3,2 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur utama/本線: 75 km/h
- Jalur cabang/支線: 65 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 :
- Chopper/分巻チョッパ車: 75 km/h
- VVVF Inverter/VVVFインバータ車: 80 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 124 orang/人 (42 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 136 orang/人 (50-52 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 6 kereta/6両: 792 orang/人 (284-292 tempat duduk/座席)
- 3 kereta/3両: 384 orang/人 (134-136 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 : 18.000 m (16 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.550 mm (2,55 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 3.495 mm (3,495 m)

11. Massa per kereta/車両質量 :
- 24,9 - 31,2 ton (Chopper/分巻チョッパ車)
- 23,1 - 28,4 ton (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)
- 26,6 - 29,4 ton (pemakaian jalur cabang/支線用)

12. Lebar rel/軌間 : 1.435 mm

13. Mode kelistrikan/電気方式 : 600 V DC sistem rel ketiga (600 V 直流、第三軌条方式)

14. Keluaran daya/編成出力 : 1.440 kW

15. Gear ratio/歯車比 : 101:15 (6,73)

16. Pengendali/制御装置 :
- Chopper shunt/高周波分巻チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

18. Bogie/台車 :
- FS-520A · FS-020A (seri 01-19/第01 - 19編成)
- SS-130 · SS-030 (seri selanjutnya/上記以外の編成)

19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC 連動電気 指令式空気ブレーキ  

20. Sistem keamanan/保安装置 :
- Tokyo Metro CS-ATC, ATO (jalur utama/本線)
- Tokyo Metro CS-ATC, TASC (jalur cabang/支線)

Stamformasi umum dari rangkaian kereta seri 02 ini adalah 02-1xx - 02-2xx - 02-3xx - 02-4xx - 02-5xx - 02-6xx yang masing-masing merupakan kereta CT1-M1-T-M2-M1-CT2 (3M3T), di mana xx adalah angka dari 01 hingga 53, dan untuk rangkaian 3 kereta dari 02-181F hingga 02-186F memiliki stamformasi 02-1xx - 02-2xx - 02-3xx yang masing-masing merupakan kereta CM2-M1-CT (2M1T).

Untuk rangkaian seri 02-101F, 02-103 hingga 01-119F, motor penggerak yang digunakan adalah jenis chopper shunt, sedangkan rangkaian seri 02-102F menggunakan motor penggerak berjenis VVVF-IGBT SIV4 dan rangkaian seri 02-120F hingga 02-186F menggunakan motor penggerak berjenis VVVF-IGBT SIV2.

Keterangan:

CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan kontaktor (contact shoe) yang menghubungkan sistem kelistrikan di kereta dengan rel ketiga yang berada di samping kanan kereta
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa kontaktor
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
3M3T = rangkaian dengan 3 kereta bermotor traksi dan 3 kereta tanpa motor traksi
2M1T = rangkaian dengan 2 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 02 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar