Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-08-09

Tokyo Metro 8000 - 東京メトロ8000系

Tokyo Metro 8000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Hanzomon antara stasiun Shibuya dengan stasiun Oshiage, dan melakukan perjalanan terusan/thru service ke jalur Tokyu Denentoshi hingga stasiun Chuo-Rinkan dan Tobu Isesaki hingga stasiun Minami-Kurihashi, yang berpangkal di dipo Saginuma yang terletak di jalur Tokyu Den-en-toshi.

KRL ini diproduksi sebanyak 19 set rangkaian 10 kereta yang keseluruhannya berjumlah 190 unit kereta. Sistem penggeraknya pun bervariasi dari chopper hingga VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter.

Beberapa set dari KRL ini pernah beroperasi di jalur Tozai (Nakano - Nishi-Funabashi) yaitu set 8115F hingga 8119F dari tahun 1987 hingga 1988 (permulaan tahun Heisei), yang mana set-set rangkaian tersebut akhirnya ditarik ke jalur Hanzomon.

Foto KRL Tokyo Metro 8000:



Rangkaian KRL Tokyo Metro 8000 secara umum memiliki urutan nomor sebagai berikut:
81xx - 82xx - 83xx - 84xx - 85xx - 86xx - 87xx - 88xx - 89xx - 80xx (xx adalah angka dari 01 sampai 19),

dengan stamformasi sebagai berikut:

8104F, 8108F, 8110F, 8112F, 8114F sampai 8119F: CT-M1-M2-M1-Mc2-Tc-T-M2-M1-CT2, motor traksi chopper (6M4T).

8101F, 8102F, 8103F, 8105F, 8106F, 8107F, 8109F, 8111F, 8113F: CT-M1-T-M1-Mc2-Tc-T-M2-M1-CT2, motor traksi VVVF-IGBT (5M5T), golongan refurbish-B.

KRL ini diproduksi oleh pabrik Nippon Sharyo, Kawasaki, Kinki dan Tokyu Car Corporation, dengan spesifikasi berikut:

1. Formasi/編成 : 10 kereta/10両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高 速度 :
- Jalur Tokyo Metro Hanzomon/地下鉄半蔵門線: 80 km/h
- Jalur Tobu Isesaki/東武伊勢崎線: 110 km/h
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/東急田園都市線: 110 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 136 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (51-54 tempat duduk/座席)
- Tengah, batch 6/6次車中間車: 150 orang/人 (54 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員: 1436 - 1424 orang/人

8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.780 mm (2,78 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 4.135 mm

11. Massa per kereta/車両質量 :
- 22,5 - 36,8 ton (Chopper/分巻チョッパ車)
- 22,1 - 34,3 ton (VVVF Inverter/VVVFインバータ車)

12. Massa total rangkaian/編成質量: 294,8 - 318,1 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Keluaran daya/編成出力 : 3.840 kW

16. Gear ratio/歯車比 : 86:15 (5,73)

17. Pengendali/制御装置 :
- AVF (AVF (automatic variable magnetic field) armature chopper/AVF(自動可変界磁)式電機子チョッパ制御
- VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御

18. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel WN/WN平行カルダン

19. Bogie/台車 : SS-101, SS-035A bolsterless

20. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif /ATC連動電気 指令式空気ブレーキ  

21. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyo Metro CS-ATC, Tokyu CS-ATC, Tobu ATS

Keterangan:
CT = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
Mc2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak, tanpa pantograf namun berkabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
Tc = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis darurat (umumnya untuk perawatan di dipo induk)
6M4T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 4 kereta tanpa motor traksi
5M5T = rangkaian dengan 5 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor

Demikian artikel tentang KRL Tokyo Metro 8000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

1 komentar:

  1. Kecepatan maksimal 120 KM/H.

    Maks di Tobu 110
    Max di Hanzomon 80 KM/H
    Max Di Denentoshi 110 KM/H

    *Tokyu Fans*

    BalasHapus