Kedua rangkaian yang menjalani PAL tersebut mengalami perubahan corak warna yang cukup mencolok, di mana skema warna untuk rangkaian 6217F atau dikenal sebagai rangkaian seri 6000 rakitan menggunakan skema warna yang nyaris sama persis dengan rangkaian 6177F yang sudah lebih dulu menjalani PAL, sementara skema warna 6227F yang dikenal sebagai rangkaian 6000 "lohan" menyerupai rangkaian yang menjalani PAL di Dipo Depok yaitu menggunakan warna biru-kuning.
Dokumentasi:
6227F, warna biru-kuning di Balai Yasa Manggarai
都営6227Fの編成、青+黄の塗装、Balai Yasa Manggaraiにで
6217F, warna hijau-kuning di Balai Yasa Manggarai
都営6217Fの編成、緑+黄の塗装、Balai Yasa Manggaraiにで
Kedua rangkaian ini merupakan sebagian dari 72 unit KRL eks Toei 6000 hibah dengan setiap rangkaian berjumlah 6 kereta yang didatangkan dari Jepang, di mana karena unit ujung dari rangkaian-rangkaian tersebut tidak memiliki kabin masinis maka pihak Balai Yasa Manggarai memodifikasi 6 kereta ujung menjadi berkabin masinis.
Formasi rangkaian dari 6217F dan 6227F adalah:
- 6217F
MoHa 6217 (MC1) - MoHa 6236 (M2) - MoHa 6255 (M1) - MoHa 6152 (M2) - MoHa 6185 (M1) - MoHa 6182 (MC2)
- 6227F
MoHa 6227 (MC1) - MoHa 6195 (M2) - MoHa 6267 (M1) - MoHa 6186 (M2) - MoHa 6125 (M1) - MoHa 6187 (MC2)
di mana kereta 6187 dan 6195 pada awalnya merupakan kereta M1 dengan pantograf.
Selain kedua rangkaian yang telah menjalani PAL tersebut, penulis juga mendengar kabar bahwa rangkaian kedua dari KRL INKA Bombardier yang berjumlah 4 kereta telah tiba di Jakarta dan sudah berada di dalam Balai Yasa Manggarai di mana KRL tersebut menempati tempat yang sebelumnya diisi oleh salah satu rangkaian seri 203 yaitu MaTo 66F.
Terima kasih kepada rekan penulis yang telah memberikan fotonya dalam penulisan kali ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar