Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-08-07

Shizuoka Railway 1000 (静岡鉄道1000系)

Shizuoka Railway seri 1000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Shizuoka Railway dari stasiun Shin-shizuoka (新静岡) hingga stasiun Shin-shimizu (新清水) dengan formasi hanya dua kereta per rangkaian dengan jumlah unit kereta keseluruhan sebanyak 24 unit.

Desain KRL ini menyerupai KRL Tokyu 7200 yang beroperasi di lintas Meguro milik Tokyu Corporation, namun terdapat sedikit perbedaan di mana beberapa rangkaian hanya memiliki satu boks pendingin dan pantograf kubus jenis X, sementara rangkaian lainnya memiliki 4 boks pendingin seperi seri 7200, hanya saja posisi antara dua boks depan dengan dua boks belakang saling bertolak belakang seperti seri kereta DeHa 85xx di KRL Tokyu seri 8500.

Sistem kendali yang digunakan untuk menggerakan KRL ini adalah kendali hambatan rheostatik dengan motor generator sebagai pengendali motor traksi dan 3 pintu pneumatik di setiap sisinya.

Foto KRL Shizuoka Railway seri 1000:

1002F

1004F

1010F

1011F

KRL dengan bodi dasar baja stainless ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan spesifikasi dasar sebagai berikut:


1. Formasi/編成 :
- 2 kereta/2両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 2 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 2,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 3,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

7. Lebar kereta/全幅 :
- Ujung/先頭車: 2.744 mm (2,744 m)
- Tengah/中間車: 2.740 mm (2,74 m)

8. Tinggi kereta/全高 : 4.100 mm (4,1 m)

9. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

10. Mode kelistrikan/電気方式 : 600 V DC sistem aliran atas (600 V 直流、架空電車線方式)

11. Gear ratio/歯車比 : 86:15 (5,73)

12. Pengendali/制御装置 : Kendali hambatan rheostatik/抵抗制御

13. Drive unit/駆動装置 : Pengendali model gardan/直角カルダン駆動

14. Bogie/台車 : TS-812, TS-813

15. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : Pengereman regeneratif elektropneumatik/電磁直通弁式空気ブレーキ

16. Sistem keamanan/保安装置 : Shizutetsu ATS

17. Tahun pembuatan/製造年 : 1973 (Showa 48/昭和48年)

Formasi dasar dari KRL ini adalah KuMoHa 10xx (MC) - KuHa 15xx (TC) dengan konfigurasi M-T, di mana xx menunjukkan angka dari 01 hingga 12.

TC = kereta berkabin masinis tanpa motor traksi
MC = kereta berkabin masinis dengan motor traksi dan pantograf
M-T = 1 kereta bermotor traksi + 1 kereta tanpa motor traksi

Demikian artikel tentang KRL Shizuoka Railway 1000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar