Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-07-14

Tokyo Metro 05 Batch 1: Mutasi ke Jalur Cabang Chiyoda - 東京メトロ05系初期編成: 千代田支線へ甲種輸送

Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tulisan tentang proses mutasi sisa rangkaian Tokyo Metro seri 05 batch awal atau batch 1 dari lintas Tozai ke lintas Chiyoda, lebih tepatnya jalur cabang Chiyoda antara stasiun Kita-ayase dan Ayase.

Sebelum berlanjut ke inti pembahasan, penulis perlu memberitahukan bahwa inilah jawaban dari berbagai pertanyaan yang masuk ke meja penulis tentang "mengapa sisa rangkaian seri 05 tersebut tidak ikut dikirimkan bersama rangkaian lainnya untuk dioperasikan di Jabodetabek", yang disebabkan karena faktor kehandalan rangkaian 3 kereta seri 5000 berbodi alumunium dan seri prototipe 6000 yaitu 6000-1 di lintas cabang Chiyoda yang menjadi tujuan pengiriman.

Seperti yang telah diketahui, rangkaian batch 1 pintu standar dengan nomor seri 02F, 04F, 05F, 07F, 08F, 09F, 10F dan 12F telah dikirim dalam beberapa gelombang pengiriman ke Jakarta, yang mana menyisakan rangkaian 01F, 03F, 06F dan 13F (11F telah dirucat lebih dulu sebelum 02F dan 07F mulai dikirim). Keempat rangkaian ini selanjutnya sempat tidak dioperasikan selama beberapa waktu lamanya pasca dilepasnya 04F, 05F dan 12F.

Akan tetapi, pada bulan Mei yang lalu, penulis menerima kabar yang menyatakan bahwa keempat rangkaian yang tersisa tersebut satu demi satu dipotong menjadi formasi 3 unit kereta per rangkaian, di mana unit 05-300 hingga 05-900 dirucat sehingga menyisakan unit 05-100 (CT1), 05-200 (M1, dengan pantograf) dan 05-000 (CT2).

Dari keempat unit tersebut, unit 06F dan 13F dikirimkan terlebih dahulu ke dipo Ayase pada awal bulan ini dengan bantuan salah satu rangkaian Tokyo Metro 15000 di stasiun Nakano, di mana dari stasiun Nakano rangkaian 06F yang digandengkan bersama 13F dijalankan menuju stasiun Ayase di lintas Chiyoda melalui lintas JR East Musashino dengan lokomotif listrik EF 65 2070 dan disambung oleh lokomotif diesel DE 10 1189, yang keduanya adalah milik JR Freight. Di stasiun Ayase, rangkaian 05 tersebut dimasukkan ke dalam lingkungan dipo dengan memanfaatkan salah satu rangkaian Tokyo Metro 16000 sebagai pendorong.

Proses pengiriman sendiri diupayakan sedemikian agar tidak mengganggu jadwal operasional KRL di lintas yang dilalui selama pengiriman berlangsung.

Berikut ini adalah gambaran seri 05 formasi 3 kereta yang siap dikirimkan:

Seri 05 rangkaian 06F & 13F formasi 3 kereta, sebelum dikirimkan
05系06Fと13F 3両編成 (深川検車区にで

Hingga saat tulisan ini dimuat, penulis masih menunggu kepastian kabar rangkaian seri 5000 alumunium dan prototipe seri 6000 yang sudah cukup lama beroperasi di lintas cabang Chiyoda, juga waktu di mana rangkaian 05 tersebut mulai beroperasi pada alokasi lintas yang baru.

Demikianlah informasi ini penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber gambar/画像原因: WaSaFu 8000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar