Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-07-14

[Pengumuman] Penentuan Nama dan Informasi Rute Monorail Jakarta

Pada kesempatan ini, penulis memberitahukan bahwa telah terpilih nama resmi untuk monorel Jakarta melalui proses kontes penamaan yang dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, yang mana diumumkan dalam penutupan pameran monorel yang dilaksanakan hari ini (14 Juli 2013).

Berdasarkan total 13.000 usulan nama unik yang masuk sebagai pertimbangan bagi Ortus Holdings Ltd. dan PT. Jakarta Monorail, yaitu investor yang mendanai pembangunan proyek transportasi massal ini, terdapat satu nama yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan sistem pemungutan suara, yaitu Jakarta Eco Transport Monorail atau disingkat dengan sebutan JET.

Nama yang diberikan tersebut memperoleh 4.453 suara dari total hampir 150.000 suara yang berasal dari pengunjung situs PT. Jakarta Monorail selaku penyelenggara resmi kontes penamaan monorel Jakarta. Dengan dipilihnya nama resmi ini, maka jenis mode angkutan massal ini segera dipersiapkan untuk peresmian operasional perdananya secara menyeluruh yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2016, di mana pembangunan sarana maupun prasarana pendukung akan dimulai kembali pada bulan Oktober mendatang.

Sebagai informasi tambahan, rute monorel Jakarta yang telah disepakati oleh PT. Jakarta Monorail memiliki dua jenis jalur yaitu jalur hijau (green line) dan jalur biru (blue line). Kedua jalur tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Jalur biru dimulai dari stasiun Kampung Melayu - Tebet - Dr. Sahardjo - Menteng Dalam - Casablanca - Ambassador - Dharmala Sakti - Menara Batavia - Karet - Kebon Kacang - Tanah Abang - Cideng dan berakhir di Roxy. Panjang rute keseluruhan adalah 9,725 km dengan total 11 stasiun tengah dan 2 stasiun terminus (stasiun ujung).
  2. Jalur hijau (lingkar) dimulai dari stasiun Komdak - Kusuma Candra - Bursa Efek Jakarta - Stadion Gelora Bung Karno - Plaza Senayan - Studio TVRI - Taman Ria Senayan - Gedung MPR/DPR - Pejompongan - Karet - Sudirman - Setiabudi Utara - Kuningan Sentral - Taman - Rasuna Said - Casablanca - Grand Melia dan berakhir di Satria Mandala. Panjang rute keseluruhan adalah 14,275 km dengan total 16 stasiun tengah dan 2 stasiun terminus.

Saat ini, pembangunan mode transportasi monorel di Jakarta masih pada tahap pra-konstruksi atau peninjauan kembali lokasi pembangunan di lapangan, mengingat kondisi terkini lokasi pembangunan yang direncanakan memiliki banyak perbedaan dengan draf dasar rancangan sistem monorel yang telah disusun beberapa tahun yang lalu.

Demikian informasi yang penulis sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Referensi: Kompas Media

Tulisan terkait: [Laporan] Pameran Monorail Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar