Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-07-17

[Informasi] Kecelakaan KA Bangunkarta di Sragen

Pada hari ini (17 Juli 2013) sekitar pukul 04.00 WIB, telah terjadi kecelakaan yang melibatkan rangkaian KA Bangunkarta relasi stasiun Gambir-Madiun-Jombang yang ditarik lokomotif CC 20312 (CC 203 95 12) dengan sebuah truk Mitsubishi Fuso pengangkut gulungan kertas yang akan menuju salah satu pabrik kertas di Boyolali dengan nomor tanda pengenal kendaraan S 8167 US pada perlintasan sebidang berkode PJL 74 berpalang pintu di daerah Beloran, Sragen Kulon. Kecelakaan bermula dari truk yang dikemudikan oleh sopir Fery Prasetyo dan kernetnya Darmawan tersebut berusaha melewati perlintasan sebidang ketika mendadak truk mengalami masalah patahnya as roda depan di tengah-tengah bidang perlintasan antara jalan raya dengan kereta api tersebut, sehingga kedua kru berinisiatif mengevakuasi badan truk yang mana pada proses tersebut truk dibiarkan melintang di tengah-tengah perlintasan dengan asumsi tidak ada kereta api yang melintas.

Namun, pada waktu yang telah disebutkan di atas muncul kereta api eksekutif Bangunkarta dari arah barat dengan kecepatan yang cukup tinggi di mana masinis yang bertugas saat itu tidak mampu menghindari benturan karena jarak pengereman yang terlalu pendek, sehingga menyebabkan badan truk terseret sejauh hampir 100 meter ke arah timur dan isi muatan truk tercecer keluar di sekitar lokasi. Masinis Adi Suminto mengalami cedera serius berupa retak pada tulang kaki karena terjepit bodi lokomotif yang kabin masinisnya hancur (pada saat kejadian lokomotif dijalankan dengan posisi kabin masinis di muka atau short hood), sementara asistennya Lutfi menderita luka-luka bertaraf sedang dan mengalami masalah sesak nafas. Masinis dan asistennya tersebut masing-masing segera dibawa ke rumah sakit Grobogan dan Amal Sehat untuk menjalani perawatan intensif. Di lain pihak, sopir dan kernet truk tidak mengalami luka-luka karena berada di luar daerah terdampak benturan.

Kerusakan yang dilaporkan dari lokasi sejauh ini adalah sebagai berikut:
  • Lokomotif penarik = kerusakan serius pada muka kabin masinis
  • Kereta bagasi dengan genset pembangkit listrik (BP) = kerusakan sedang, terdapat lecet-lecet pada bodi bagian persambungan dengan lokomotif di dekat pintu
  • Kereta penumpang & restorasi = tidak terdapat kerusakan berarti

CC 20312, sesaat setelah kejadian

Hingga saat tulisan ini diterbitkan, proses evakuasi masih berlangsung dengan bantuan crane yang berjalan di rel dan mobil derek untuk memindahkan muatan kertas dan truk yang tertabrak ke tempat yang lebih aman sampai jalur kereta api dapat dilalui kembali.

Demikian informasi ini penulis sampaikan, semoga bermanfaat.

Sumber gambar: Pato Gie Desmosedici @ grup semboyan35.com

Sumber referensi: Solo Pos Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar