Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-01-14

Tokyu 7200 Meguro Line - 東急7200系目黒線

Tokyu seri 7200 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Meguro dari stasiun Meguro atau Shibuya hingga stasiun Kamata, yang mana keseluruhan unitnya yang penulis dapatkan berjumlah 10 rangkaian dengan masing-masing rangkaian rata-rata terdiri dari 4 unit kereta, sehingga berjumlah 40 unit kereta.

KRL ini memiliki tiga pintu untuk ruang penumpang, tiga pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka kabin masinis, di mana sistem penggerak kereta ini menggunakan kendali hambatan elektrik atau rheostatik yang dilengkapi dengan motor generator (MG).

Sistem penampil jurusan pada seluruh unit KRL ini masih menggunakan sistem gulung manual yang dikendalikan dari dalam kabin masinis pada setiap kereta ujung yang memilikinya.

Selain 40 unit yang telah ada, terdapat juga 3 unit kereta penolong yang berstamformasi DeYa (デヤ) 7200 - SaYa (サヤ) 7590 - DeYa (デヤ) 7290, di mana kereta penolong ini memiliki dua pantograf dan kabin masinis rakitan pada kereta DeYa 7200 beserta DeYa 7290, dan juga memiliki pola warna kuning-merah-biru untuk membedakannya dengan seri 7200 yang lainnya.

Foto KRL Tokyu 7200:

Toyohashi Railway

Ueda Electric Railway


Kereta penolong


KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 2, 3, 4, 6, 8 kereta/2、3、4、6、8両編成

2. Percepatan/起動加速度 :
- 2 kereta (1M1T)/2両編成: 2,5 km/h/s
- 3 kereta (2M1T)/3両編成: 2,7 km/h/s
- 4 kereta (3M1T)/4両編成: 3,0 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 100 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 140 orang/人 (48 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 150 orang/人 (56 tempat duduk/座席)

7. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

8. Lebar kereta/全幅 :
- Ujung/先頭車: 2.744 mm (2,744 m)
- Tengah/中間車: 2.740 mm (2,74 m)

9. Tinggi kereta/全高 : 4.100 mm (4,1 m)

10. Massa per kereta/車両質量 :
- DeHa 7200/デハ7200: 33,3 - 34,0 ton
- KuHa 7500/クハ7500: 21,0 - 24,5 ton

11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

13. Gear ratio/歯車比 : 86:15 (5,73)

14. Pengendali/制御装置 : Kendali hambatan elektrik berporos (rheostatik)/電動カム軸式抵抗制御

15. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式

16. Bogie/台車 : TS-708, TS-839A dengan pegas udara/軸バネ式空気バネ

17. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATS dengan pengereman elektrik regeneratif/ATS連動電気指令式空気ブレーキ

18. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu ATS

19. Tahun pembuatan/製造年 : 1967 (Showa 42/昭和42年)

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah sebagai berikut:


  1. 2 kereta: DeHa 72xx (M1C) - KuHa 75xx (TC)





  2. 3 kereta: DeHa 72xx (M1C) - DeHa 72xx/73xx/74xx (M2/M1C) - KuHa 75xx (TC)





  3. 4 kereta: DeHa 72xx (M1C) - DeHa 72xx/73xx/74xx (M2) - DeHa 72xx/73xx/74xx (M1) - KuHa 75xx (TC)





  4. 6 kereta: formasi 4 kereta + 2 kereta





  5. 8 kereta: formasi 4 kereta + 4 kereta




  6. dengan xx adalah nomor kereta yang angkanya bervariasi.

    Keterangan:

    TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
    M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
    M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
    M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis

    Catatan:

    a. 8 unit kereta dijual ke Ueda Electric Railway dengan stamformasi sebagai berikut:

    7252F => KuHa 7552 - MoHa 7252, berasal dari kereta KuHa 7557 - DeHa 7252
    7253F => KuHa 7553 - MoHa 7253, berasal dari kereta KuHa 7553 - DeHa 7253
    7254F => KuHa 7554 - MoHa 7254, berasal dari kereta KuHa 7511 - DeHa 7254
    7255F => KuHa 7555 - MoHa 7255, berasal dari kereta KuHa 7558 - DeHa 7258

    b. 2 unit kereta bermotor traksi dan berkabin masinis (M1C) dijual ke Towada Kanko Electric Railway dengan nomor MoHa 7305 - MoHa 7204, yang berasal dari kereta DeHa 7351 - DeHa 7211. Kedua kereta dilengkapi dengan kabin masinis rakitan yang mana bentuk muka kabin rakitan ini menyerupai muka KRL Tokyu 8000.

    c. 30 unit kereta sisanya dijual ke Toyohashi Railway atau Toyotetsu dengan stamformasi berikut ini:

    1801F => MoHa 1801 - MoHa 1811 - KuHa 2801, berasal dari kereta DeHa 7204 - DeHa 7209 - KuHa 7502
    1802F => MoHa 1802 - MoHa 1812 - KuHa 2802, berasal dari kereta DeHa 7206 - DeHa 7207 - KuHa 7507
    1803F => MoHa 1803 - MoHa 1813 - KuHa 2803, berasal dari kereta DeHa 7201 - DeHa 7210 - KuHa 7504
    1804F => MoHa 1804 - MoHa 1854 - KuHa 2804, berasal dari kereta DeHa 7212 - DeHa 7301 - KuHa 7501
    1805F => MoHa 1805 - MoHa 1855 - KuHa 2805, berasal dari kereta DeHa 7208 - DeHa 7302 - KuHa 7508
    1806F => MoHa 1806 - MoHa 1856 - KuHa 2806, berasal dari kereta DeHa 7205 - DeHa 7401 - KuHa 7505
    1807F => MoHa 1807 - MoHa 1857 - KuHa 2807, berasal dari kereta DeHa 7251 - DeHa 7351 - KuHa 7554
    1808F => MoHa 1808 - MoHa 1858 - KuHa 2808, berasal dari kereta DeHa 7260 - DeHa 7452 - KuHa 7560
    1809F => MoHa 1809 - MoHa 1859 - KuHa 2809, berasal dari kereta DeHa 7256 - DeHa 7451 - KuHa 7552
    1810F => MoHa 1810 - MoHa 1860 - KuHa 2810, berasal dari kereta DeHa 7255 - DeHa 7257 - KuHa 7551

    Demikian artikel tentang KRL Tokyu 7200 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

    Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar