Tokyu seri 8500 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Den-en-toshi dari stasiun Shibuya hingga stasiun Chuo-Rinkan dan Oimachi dari stasiun Mizonokuchi hingga stasiun Oimachi, di mana untuk jalur Den-en-toshi menggunakan formasi 10 kereta per set dan jalur Oimachi menggunakan formasi 5 kereta per set yang kesemuanya berpangkal di dipo Nagatsuta (長津田).
Rangkaian jalur Den-en-toshi melakukan thru service ke jalur Tokyo Metro Hanzomon beserta Tobu Isesaki (kecuali untuk rangkaian dengan logo K di dalam lingkaran pada kaca tengah bagian depan kabin masinis yang hanya melakukan thru service ke jalur Hanzomon saja).
KRL ini berjumlah 400 unit dengan nomor kereta yang bervariasi untuk setiap setnya, yang memiliki empat pintu untuk ruang penumpang di setiap pintunya, dua pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka untuk memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan di mana konfigurasi ini mengambil konsep dari KRL Tokyu seri 8000. Beberapa set KRL ini menggunakan sistem penggerak berupa field chopper buatan Hitachi yang dilengkapi dengan kendali motor generator (MG) atau inverter statis (SIV) dan ada pula yang menggunakan sistem penggerak VVVF-GTO.
Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
- Tokyu Den-en-toshi: stasiun Shibuya (渋谷) hingga stasiun Chuo-Rinkan (中央林間)
- Tokyu Oimachi: stasiun Mizonokuchi (溝の口) hingga stasiun Oimachi (大井町)
- Tokyo Metro Hanzomon: stasiun Shibuya hingga stasiun Oshiage (押上)
- Tobu Isesaki: stasiun Hikifune (曳舟) hingga stasiun Minami-kurihashi (南栗橋)
Foto KRL Tokyu 8500:
Den-en-toshi Line
Oimachi Line
KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 :
- 5 & 10 kereta/5と10両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Den-en-toshi/東横線 - 田園都市線: 110 km/h
- Jalur Tokyo Metro Hanzomon/地下鉄半蔵門線: 100 km/h
- Jalur Oimachi/大井町線: 95 km/h
- Jalur Tobu Isesaki/東武伊勢崎線: 110 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 136 orang/人 (48-56 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (51-64 tempat duduk/座席)
7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 8 kereta/8両編成: 1.424 orang/人 (+/- 522 tempat duduk/座席)
- 5 kereta/5両編成: 704 orang/人 (+/- 258 tempat duduk/座席)
8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)
9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)
10. Tinggi kereta/全高 : 4.100 mm (4,1 m)
11. Massa per kereta/車両質量 :
- Kereta pengendali/制御車: 28,3 - 30 ton
- Kereta bermotor traksi/電動車: 31 - 36 ton
12. Massa total rangkaian/編成質量 : +/- 348 ton (10 kereta/10両編成), +/- 174 ton (5 kereta/5両編成)
13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
15. Gear ratio/歯車比 : Chopper = 85:16 (5,31), VVVF = 113:16 (7,07)
16. Pengendali/制御装置 :
- Field chopper/界磁チョッパ制御方式
- VVVF-GTO Inverter Control/GTO-VVVFインバータ制御方式
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : TS-807M/A/C, TS-815M/A/C jenis pegas udara/軸バネ式空気バネ
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu & Tokyo Metro CS-ATC, Tobu ATS (jalur Den-en-toshi)
21. Tahun pembuatan/製造年 : 1975 (Showa 50/昭和50年)
Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah sebagai berikut:
a. Jalur Den-en-toshi (田園都市線)
DeHa 86xx (M2C) - DeHa 87xx (M1) - SaHa 89xx (T) - DeHa 88xx/08xx (M2) - DeHa 87xx/07xx (M1) - DeHa 88xx/07xx (M2) - DeHa 87xx/07xx (M1) - SaHa 89xx (T) - DeHa 88xx/08xx (M2) - DeHa 85xx (M1C)
b. Jalur Oimachi (大井町線)
DeHa 86xx (M2C) - DeHa 07xx (M1) - SaHa 89xx (T) - DeHa 08xx (M2) - DeHa 85xx (M1C)
dengan formasi 8M2T untuk jalur Den-en-toshi dan 4M1T untuk jalur Oimachi, di mana xx adalah nomor kereta yang bervariasi dan kereta M1 (nomor 2 baik untuk jalur Den-en-toshi maupun jalur Oimachi) merupakan kereta dengan AC lemah (jaku reibou sha/弱冷房車).
Rangkaian Den-en-toshi terdiri dari 8601F hingga 8637F beserta 8642F (yang mana 8642F ini memiliki sistem penggerak VVVF-GTO pada kereta 0718 dan 0818), sedangkan jalur Oimachi memiliki rangkaian 8638F hingga 8641F.
Kereta yang diawali dengan angka 0 (07xx dan 08xx) merupakan kereta dengan tahun pembuatan di atas tahun 1985 atau Showa 60.
Rangkaian seri ini juga memiliki kereta khusus bagi penumpang wanita (disebut dengan josei 'senyou sharyou/女性専用車両) yang terletak di kereta DeHa 86xx dan DeHa 85xx yang berada pada kedua ujung rangkaian khusus untuk jalur Den-en-toshi.
DeHa (デハ) M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
DeHa (デハ) M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
DeHa (デハ) M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
DeHa (デハ) M2C = kereta dengan motor traksi penggerak, berkabin masinis, namun tanpa memiliki pantograf
SaHa (サハ) T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
VVVF-GTO = Variable Voltage Variable Frequency - Gate Turn Off
8M2T = rangkaian dengan 8 kereta bermotor traksi dan 2 kereta tanpa motor traksi
4M1T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 1 kereta tanpa motor traksi
Catatan:
a. Delapan set rangkaian 8 kereta dijual ke PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan stamformasi berikut, dengan sistem penamaan Tokyu tetap dipertahankan:
8604F => 8604 - 8704 - 8904 - 8825 - 8719 - 8909 - 8804 - 8504 (kereta 8898 dan 8794 dipindahkan ke rangkaian 8627F)
8607F => 8607 - 8707 - 8948 - 8828 - 8743 - 8924 - 8807 - 8507 (kereta 0810 dan 0712 dirucat)
8608F => 8608 - 8708 - 8949 - 8829 - 8744 - 8925 - 8808 - 8508 (kereta 0813 dan 0713 dirucat)
8610F => 8610 - 8710 - 8951 - 0815 - 0715 - 8927 - 8810 - 8510 (kereta 8831 dan 8746 dirucat)
8611F => 8611 - 8711 - 8911 - 8832 - 8735 - 8928 - 8811 - 8511 (kereta 0816 dan 0716 dirucat)
8612F => 8612 - 8712 - 8912 - 0817 - 0717 - 8929 - 8812 - 8512 (kereta 8833 dan 8736 dirucat)
8613F => 8613 - 8713 - 8913 - 0800 - 8796 - 8930 - 8813 - 8513 (kereta 8834 dan 8737 dirucat)
8618F => 8618 - 8724 - 8935 - 8855 - 8753 - 8954 - 0811 - 8518 (kereta 8846 dan 8780 dirucat)
Set 8604F masih menggunakan MG, sedangkan set lainnya sudah menggunakan SIV dan set 8613F menjadi milik PT. KAI Commuter Jabodetabek yang dikenal dengan nama "Jalur Lintas Jakarta" (JALITA).
b. Enam set rangkaian tiga kereta dijual ke Nagano Electric Railway dengan stamformasi berikut ini:
T1 => MoHa 8511 - SaHa 8551 - MoHa 8501, berasal dari kereta DeHa 8601 - SaHa 8903 - DeHa 8501
T2 => MoHa 8512 - SaHa 8552 - MoHa 8502, berasal dari kereta DeHa 8602 - SaHa 8908 - DeHa 8502
T3 => MoHa 8513 - SaHa 8553 - MoHa 8503, berasal dari kereta DeHa 8603 - SaHa 8905 - DeHa 8503
T4 => MoHa 8514 - SaHa 8554 - MoHa 8504, berasal dari kereta DeHa 8605 - SaHa 8910 - DeHa 8505
T5 => MoHa 8515 - SaHa 8555 - MoHa 8505, berasal dari kereta DeHa 8624 - SaHa 8920 - DeHa 8524
T6 => MoHa 8516 - SaHa 8556 - MoHa 8506, berasal dari kereta DeHa 8841 - SaHa 8944 - DeHa 8730
di mana untuk rangkaian T5 dan T6 pada kereta MoHa 851x salah satu kotak pendinginnya dilepas dan digantikan dengan pantograf, dan kereta ujung pada rangkaian T6 merupakan kereta modifikasi dengan kabin masinis.
Selain itu terdapat dua kereta yaitu 8718 (M1) dan 8824 (M2) yang diikutsertakan dalam rangkaian T3 namun tidak digunakan, sementara sisa kereta lainnya yang tidak ikut diikutsertakan dari rangkaian 8601F, 8602F, 8603F, 8605F dan 8624F telah dirucat (kecuali kereta 8895, 8791, 0704, 8896, 8792, 8897, 8793, 8899 dan 8795 digunakan untuk menggantikan kereta-kereta tengah (M1 + M2) dari rangkaian 8615F, 8617F, 8620F, 8627F dan 8628F yang dirucat).
c. Dua set rangkaian tiga kereta dijual ke Chichibu Railway dan diubah menjadi seri 7000 dengan stamformasi berikut:
7001F => DeHa 7201 - SaHa 7101 - DeHa 7001, berasal dari kereta DeHa 8609 - SaHa 8950 - DeHa 8509
7002F => DeHa 7202 - SaHa 7102 - DeHa 7002, berasal dari kereta DeHa 8809 - SaHa 8926 - DeHa 8709
di mana pada semua kereta DeHa 720x salah satu kotak pendinginnya dilepas dan diganti dengan pantograf, dan kereta ujung pada rangkaian 7002F merupakan kereta modifikasi dengan kabin masinis.
Sama halnya dengan Nagaden, terdapat dua kereta yang turut diikutsertakan dalam pengiriman kedua set tersebut namun tidak dioperasikan, yaitu kereta 8745 (M1) dan 8830 (M2), sementara kereta 0814 dan 0714 yang merupakan bagian dari rangkaian 8609F telah dirucat.
d. Satu unit kereta dari rangkaian 8617F yaitu 8723 diberikan pada Izu Express Electric Railway dan diubah menjadi KuMoHa 8152 (lihat catatan tentang Tokyu 8000).
Demikian artikel tentang KRL Tokyu 8500 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar