Pada 9 Desember 2010 yang lalu, Keretapi Tanah Melayu Berhad atau KTMB mendatangkan 14 set kereta penumpang eks Blue Train melalui jalur hibah yang sebelumnya dioperasikan oleh JR West dan JR Kyushu, di mana kereta-kereta tersebut masih dinyatakan siap pakai, namun perbedaan lebar rel antara kereta eks Jepang yang tiba yaitu 1067 mm dengan lebar rel yang dipergunakan di Malaysia secara keseluruhan yaitu 1000 mm membuat kereta ini perlu beberapa penyesuaian sebelum dapat dioperasikan di lintas KTMB.
Ke-14 kereta tersebut antara lain:
1. OHa (オハ) 14-185
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1974
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 72 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
2. OHa (オハ) 14-257
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Putih dengan strip biru dan merah muda
Tahun pembuatan: 1974
Tahun rekondisi: 1988
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 64 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
3. OHaFu (オハフ) 15-23
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1973
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 64 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
4. OHaFu (オハフ) 15-42
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1974
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 64 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
5. SuHaFu (スハフ) 14-11
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1974
Tahun rekondisi: 1988
Pabrik: Nippon Sharyo (日本車輌)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 64 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 40 kg
6. SuHaFu (スハフ) 14-202
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Putih dengan strip biru dan merah muda
Tahun pembuatan: 1974
Tahun rekondisi: 1988
Pabrik: Nippon Sharyo (日本車輌)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 56 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 40 kg
7. SuHaFu (スハフ) 14-204
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta standar
Warna: Putih dengan strip biru dan merah muda
Tahun pembuatan: 1974
Pabrik: Nippon Sharyo (日本車輌)
Kelas kereta: Lokal (普通)
Kapasitas: 56 tempat duduk
Perkiraan berat kosong (berkos): 40 kg
8. OHaNeFu (オハネフ) 25-47
Asal: JR West (国鉄西日本)
Jenis: Kereta tidur (寝台車)
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1976
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通) B
Kapasitas: 32 tempat tidur
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
9. SuHaNeFu (スハネフ) 15-2
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta tidur (寝台車)
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1978
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通) B
Kapasitas: 30 tempat tidur
Perkiraan berat kosong (berkos): 40 kg
10. OHaNe (オハネ) 15-1102
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta kuset
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1976
Tahun rekondisi: 1997
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通) B
Kapasitas: 30 tempat tidur
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
11. OHaNe (オハネ) 15-2004
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta kuset
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1978
Tahun rekondisi: 1999
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: B-Solo
Kapasitas: 18 penumpang
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
12. ORoNe (オロネ) 15-3001
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta tidur (寝台車)
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1976
Tahun rekondisi: 2005
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通) A (Single Deluxe)
Kapasitas: 14 penumpang
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
13. SuHaNeFu (スハネフ) 14-6
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta tidur (寝台車)
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1972
Pabrik: Niigata Tekko (新潟鉄鋼)
Kelas kereta: Lokal (普通) B
Kapasitas: 30 tempat tidur
Perkiraan berat kosong (berkos): 40 kg
14. OHaNe (オハネ) 15-1246
Asal: JR Kyushu (国鉄九州)
Jenis: Kereta tidur (寝台車)
Warna: Biru
Tahun pembuatan: 1980
Tahun rekondisi: 1997
Pabrik: Fuji Heavy Industries (富士重工業)
Kelas kereta: Lokal (普通) B
Kapasitas: 30 tempat tidur
Perkiraan berat kosong (berkos): 35 kg
Foto saat penurunan:
Ke-14 kereta tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan armada KTMB yang saat ini sedang mengalami krisis pengadaan sarana KA penumpang.
Rencananya, kereta-kereta tersebut hanya dioperasikan di lintas selatan (stasiun Johor Bahru Sentral hingga stasiun Tumpat melalui stasiun Gemas) dikarenakan ukuran kereta yang berbenturan dengan bentang alam sebagian besar lintas KTMB, di mana semua kereta tersebut memiliki ukuran panjang 21,3 meter, lebar 2,9 meter dan tinggi 4,1 meter, yang dapat mengganggu prasarana kabel listrik aliran atas, terowongan dan jembatan yang telah ada.
Demikianlah laporan kedatangan 14 kereta penumpang eks Jepang ke Malaysia ini, semoga informasi yang disajikan bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar