KRL ini disebut sebagai "Boso View Express" karena dioperasikan di semenanjung Boso dengan layanan ekspres terbatas (limited express) di mana semenanjung Boso memiliki pemandangan yang menawan untuk dilihat bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.
KRL ini memiliki dua pintu untuk ruang penumpang dan tiga pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan muka yang melengkung ke arah eksterior, di mana sistem penggerak KRL ini menggunakan VVVF-IGBT yang dilengkapi inverter statis atau SIV untuk menyalurkan arus listrik ke motor traksi yang berdasar dari prototipe seri 209.
Sistem penampil jurusan pada bagian muka dan samping luar KRL ini seluruhnya menggunakan jenis LED yang dikendalikan dari kabin masinis, selain itu terdapat juga penampil jurusan berjenis LED pada bagian interior, di mana KRL ini menggunakan konfigurasi kursi sejajar layaknya KA jarak jauh atau Shinkansen dengan fasilitas "kereta hijau" atau "green car" pada bagian tengah rangkaian.
Foto KRL JR East 255:
a. Eksterior
b. Interior
KRL dengan bodi dasar mild steel ini dirakit oleh perusahaan Kinki Nippon Car Corporation dan Tokyu Car Corporation, yang mana memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1. Formasi/編成 : 9 kereta/9 両編成
2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s
3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 130 km/h
4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 130 km/h
5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s (biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)
6. Kapasitas per kereta/車両定員 : 564 orang/人, 522 orang/人 (kelas lokal/普通車) & 42 orang/人 (kereta hijau/グリーン車)
7. Panjang kereta/全長 :
- Ujung/先頭車: 20.500 mm (20,07 m)
- Tengah/中間車: 21.000 mm (20 m)
8. Lebar kereta/全幅 : 2.950 mm (2,8 m)
9. Tinggi kereta/全高 : 3.790 mm (4,086 m)
10. Massa total rangkaian/編成質量: 278,6 ton
11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm
12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)
13. Keluaran daya motor/モーター出力 : 95kW, 16 motor traksi/モーター
14. Keluaran daya rangkaian/編成出力 : 1.520 kW
15. Gear ratio/歯車比 : 85:14 (6,07)
16. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Toshiba dengan SIV/VVVFインバータ制御 (東芝製IGBT素子)
17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式
18. Bogie/台車 : DT-56E, TR-241E monolink bolsterless/モノリンク式ボルスタレス台車
19. Sistem pengereman/ブレーキ方式:
- Pengereman regeneratif/回生ブレーキ
- Kendali pengereman elektrik/電気指令式ブレーキ
- Suspensi pengereman kecepatan/抑速ブレーキ
20. Sistem keamanan/保安装置: ATS-SN, ATS-P
21. Pabrik/製造工場 :
- Kinki Nippon Car Corporation/近畿車輌
- Tokyu Car Corporation/東急車輌製造
22. Tahun pembuatan/製造年 : 1993 (Heisei 5/平成5年)
Stamformasi KRL JR East 255 dengan 9 kereta adalah sebagai berikut:
KuHa 255-xxx (TC1)- MoHa 255-xxx (M1) - MoHa 254-xxx (M2) - SaHa 255-xxx (T) - SaHa 255-xxx (T) - SaRo 255-xxx (T1) - SaRo 254-xxx (T1) - MoHa 255-xxx (M1) - MoHa 254-xxx (M2) - KuHa 254-xxx (TC2)
dengan konfigurasi 4M5T dan xxx adalah nomor rangkaian bersangkutan.
Data komponen penggerak pada setiap kereta antara lain:
TC1, TC2 = kosong
M1 = VVVF-IGBT motor
M2 = static inverter dan air compressor
Keterangan:
TC1, TC2 = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf tunggal berjenis kubus (diamond-shape) model PS26A
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
T = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak
T1 = kereta tengah tanpa motor traksi penggerak, berjenis "kereta hijau" (green car)
4M5T = rangkaian dengan 4 kereta bermotor traksi dan 5 kereta tanpa motor traksi
VVVF-IGBT = Variable Voltage Variable Frequency - Insulated Gate Bipolar Transistor
Demikian artikel tentang KRL JR East 255 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.
Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur/tulisan lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar