Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-08-21

[Informasi] Sistem Tiket Harian Berjaminan (THB) KRL Jabodetabek

Pada kesempatan ini penulis memberikan penjelasan dan keterangan lebih lanjut mengenai sistem tiket harian berjaminan (THB) yang mulai berlaku efektif pada 22 Agustus.

Menimbang bahwa sistem kartu untuk sekali perjalanan (single trip) mengalami kendala dalam hal distribusi dan mengingat bahwa banyak terdapat penyalahgunaan maupun pemindahtanganan kartu single trip yang tidak melalui prosedur semestinya, maka PT. KAI Commuter Jabodetabek selaku penyelenggara jasa memperkenalkan sistem kartu tiket harian berjaminan yang mana biaya penjaminan dikenakan saat pembelian pertama kali dan dapat dikembalikan.

Langkah ini dilakukan guna meminimalisir kerugian yang timbul sebagai umpan balik dari penyalahgunaan kartu single trip yang sudah melebihi batas, di mana sistem masuk dan keluar stasiun dirancang nyaris serupa dengan penggunaan kartu multi trip melalui mekanisme tapping di pintu masuk dan pintu keluar tanpa perlu memasukkan tiket ke dalam slot kartu. Sebagai tambahan, kartu ini dapat digunakan sebagai bukti untuk pembelian tiket berjaminan berikutnya tanpa perlu membayar biaya jaminan atau pengembalian biaya jaminan kartu dengan batas waktu 7 hari setelah pembelian terakhir, sehingga sangat berguna bagi pengguna tiket yang melakukan perjalanan berjangka (tidak setiap hari namun beberapa kali dalam 1 minggu).

Ketentuan selengkapnya mengenai penggunaan tiket harian berjaminan dapat dilihat pada hasil pemindaian dari brosur asli berikut ini.

Brosur 1

 Brosur 2

Desain tiket harian berjaminan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Desain tiket harian berjaminan (bagian muka)

Desain tiket harian berjaminan (bagian belakang)

Catatan: Klik setiap gambar untuk memperbesar tampilan dan/atau menyimpannya di kandar lokal Anda.

Keterangan desain bagian belakang:

1. Sisi kiri atas berisi ketentuan penggunaan tiket harian berjaminan.
2. Sisi kanan atas terdapat nomor identifikasi khusus untuk setiap tiket (untuk keperluan internal operator)
3. Sisi kiri bawah terdapat nomor seri tiket berupa 16 digit angka acak dan informasi kontak PT. KAI Commuter Jabodetabek.
4. Sisi kanan bawah terdapat bukti keaslian tiket berupa hologram atau cetakan khusus untuk mencegah pemalsuan kartu tiket.

Demikianlah informasi yang penulis sampaikan kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber informasi dan ilustrasi:

PT. KAI Commuter Jabodetabek (Informasi Commuter Line)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar