Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2013-08-08

JR East E129 - JR東日本E129系

Pada kesempatan ini penulis membahas calon rangkaian JR East seri E129, yang diperkenalkan sebagai pengganti seri KRL JR East 115 yang sudah cukup berumur.

Rangkaian E129 yang dibahas kali ini menggunakan desain bodi yang berbasis seri E233 dan mengambil konsep dari E127, yang mana dirancang dengan skema modern mengikuti perkembangan perkeretaapian Jepang saat ini. Interior yang digunakan mengikuti prinsip "universal design" sesuai referensi dari Kawasaki Heavy Industries dan J-TREC.

Seri E129 memiliki beberapa perbedaan spesifik bila dibandingkan dengan E233 yang menjadi dasar desainnya, yaitu dengan konfigurasi 3 pintu di setiap sisinya, 1 pasang pintu masuk kabin masinis dari bodi samping, 1 pintu penghubung kabin masinis ke ruang penumpang dan 1 pintu di muka kabin untuk memudahkan persambungan antar rangkaian. Beralih ke bagian dalam, interior menggunakan kombinasi longitudinal seat & semi cross seat seperti seri 119 milik JR Central yang dilengkapi penampil jurusan model LCD pada bagian atas pintu. Sistem traksi penggerak yang digunakan berbasis VVVF (Variable Voltage Variable Frequency) dengan komponen utama IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistor).

Berikut ini gambaran seri E129 dengan bodi stainless steel (sesuai dengan referensi dari pihak JR East):

 
Rancangan seri E129 - E129系 (画家印象)

Spesifikasi dasar sementara yang dimiliki adalah sebagai berikut:

1. Formasi/編成 : 2 kereta & 4 kereta/2 & 4両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 100 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 2 kereta/2両編成: 273 orang/人
- 4 kereta/2両編成: 581 orang/人

7. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)

8. Lebar kereta/全幅 : 2.950 mm (2,95 m)

9. Tinggi kereta/全高 : 3.620 mm (3,62 m)

10. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

11. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

12. Pengendali/制御装置 : VVVF-IGBT Inverter Control/IGBT-VVVFインバータ制御方式

13. Tahun pembuatan/製造年 : 2013 (Heisei 25/平成25年)

Menurut dokumen referensi lainnya yang penulis peroleh, rangkaian dengan 2 kereta akan diproduksi sebanyak 30 set, dan rangkaian 4 kereta akan diproduksi sebanyak 25 set, dengan total unit mencapai 160 unit kereta.

Perkiraan konfigurasi rangkaian E129 adalah sebagai berikut:

a. Rangkaian 2 kereta

Kereta 1 (1号) : KuHa (クハ) E128 (TC)
Kereta 2 (2号) : KuMoHa (クモハ) E129 (MC)

b. Rangkaian 4 kereta

Kereta 1 (1号) : KuHa (クハ) E128 (TC)
Kereta 2 (2号) : MoHa (モハ) E129 (M2)
Kereta 3 (3号) : SaHa (サハ) E128 (T)
Kereta 4 (4号) : KuMoHa (クモハ) E129 (MC1)

Keterangan:

KuHa (クハ) TC = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak berkabin masinis, dilengkapi fasilitas toilet
MoHa (モハ) M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas) model single arm sebanyak 1 buah
SaHa (サハ) T = kereta pengikut tanpa motor traksi penggerak
KuMoHa (クモハ) MC/MC1 = kereta berkabin masinis dengan motor traksi penggerak dan pantograf model single arm sebanyak 1 buah

Alokasi persebaran dari seri E129 ini adalah sebagai berikut:
  • lintas Joetsu: stasiun Minakami sampai stasiun Kunai
  • lintas Shinetsu Main Line: stasiun Naoetsu sampai stasiun Niigata
  • lintas Uetsu Main Line: stasiun Niitsu sampai stasiun Murakami
  • lintas Hakushin: stasiun Niigata sampai stasiun Shibata
  • lintas Echigo: stasiun Niigata sampai stasiun Kashiwazaki
  • lintas Yahiko: stasiun Higashi-sanjo sampai stasiun Yahiko
Demikianlah informasi ini penulis berikan, semoga bermanfaat.

Referensi: JR East Press Release

Tidak ada komentar:

Posting Komentar