Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2011-01-14

Tokyu 8000 Toyoko & Oimachi Line - 東急8000系東横線と大井町線

Tokyu seri 8000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang beroperasi di jalur Toyoko dari stasiun Shibuya hingga stasiun Motomachi-chukagai dan Oimachi dari stasiun Mizonokuchi hingga stasiun Oimachi, di mana untuk jalur Toyoko menggunakan formasi 8 kereta per set dan jalur Oimachi menggunakan formasi 5 kereta per set.

KRL ini berjumlah 187 unit dengan nomor kereta yang bervariasi untuk setiap setnya, yang memiliki empat pintu untuk ruang penumpang di setiap pintunya, dua pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka untuk memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan. KRL ini semuanya menggunakan sistem penggerak berupa field chopper buatan Hitachi yang dilengkapi dengan kendali inverter statis (SIV).

Dalam operasinya, KRL jenis ini melayani rute perjalanan sebagai berikut:
  • Tokyu Toyoko: stasiun Shibuya hingga stasiun Motomachi-chukagai (元町中華街) terusan Yokohama (横浜) - jalur Minatomirai (みなとみらい線)
  • Tokyo Oimachi: stasiun Mizonokuchi (溝の口) hingga stasiun Oimachi (大井町)
Foto KRL Tokyu 8000:

Toyoko Line






Oimachi Line

KRL ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation dengan bodi stainless steel yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

1. Formasi/編成 :
- 5 & 8 kereta/5と8両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 3,3 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 :
- Jalur Tokyu Toyoko - Den-en-toshi/東横線 - 田園都市線: 110 km/h
- Jalur Oimachi/大井町線: 95 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 120 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 3,5 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 136 orang/人 (48-56 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 144 orang/人 (54-64 tempat duduk/座席)

7. Kapasitas rangkaian/編成定員 :
- 8 kereta/8両編成: 1.124 orang/人 (+/- 496 tempat duduk/座席)
- 5 kereta/5両編成: 692 orang/人 (+/- 258 tempat duduk/座席)

8. Panjang kereta/全長 : 20.000 mm (20 m)

9. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m)

10. Tinggi kereta/全高 : 4.145 mm (4,145 m)

11. Massa per kereta/車両質量 :
- Kereta pengendali/制御車: 27,0 - 31,8 ton
- Kereta bermotor traksi/電動車: 31,5 - 35,7 ton

12. Massa total rangkaian/編成質量 : +/- 277,8 ton

13. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

14. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

15. Gear ratio/歯車比 : 85:16 (5,31)

16. Pengendali/制御装置 : Hitachi & MMC-HTR -20A/C/D/F paralel/日立MMC-HTR-20A/C/D/Fなど

17. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式

18. Bogie/台車 : TS-815, TS-815C, TS-815F bolsterless/ボルスタレス

19. Sistem pengereman/ブレーキ方式 : ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ

20. Sistem keamanan/保安装置 : Tokyu ATS, ATS-P, CS-ATC

21. Tahun pembuatan/製造年 : 1969 (Showa 44/昭和44年)

Stamformasi rangkaian ini secara umum adalah sebagai berikut:

a. Jalur Toyoko

KuHa 80xx (T2C) - DeHa 82xx (M2) - DeHa 81xx (M1) - DeHa 82xx (M2) - DeHa 81xx (M1) - DeHa 82xx (M2) - DeHa 81xx (M1) - KuHa 80xx (T1C)

b. Jalur Oimachi

KuHa 80xx (T2C) - DeHa 81xx (M1) - DeHa 82xx (M2) - DeHa 81xx (M1) - KuHa 80xx (T1C)

dengan formasi 6M2T untuk jalur Toyoko dan 3M2T untuk jalur Oimachi, di mana xx adalah nomor kereta yang bervariasi dan kereta M1 (nomor 3 untuk jalur Toyoko dan nomor dua untuk jalur Oimachi) merupakan kereta dengan AC lemah (jaku reibou sha/弱冷房車).

KuHa (クハ) TC = kereta tanpa motor traksi penggerak dengan kabin masinis
DeHa (デハ) M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
DeHa (デハ) M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
6M2T = rangkaian dengan 6 kereta bermotor traksi dan 2 kereta tanpa motor traksi
3M2T = rangkaian dengan 3 kereta bermotor traksi dan 2 kereta tanpa motor traksi

Catatan:

a. Tiga set rangkaian 8 kereta dijual ke PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan stamformasi berikut, dengan sistem penamaan Tokyu tetap dipertahankan:

8003F => 8003 - 8202 - 8104 - 8263 - 8142 - 8213 - 8103 - 8004
8007F => 8007 - 8245 - 8107 - 8260 - 8137 - 8204 - 8108 - 8008
8039F => 8039 - 8248 - 8158 - 8218 - 8164 - 8249 - 8159 - 8040

di mana kereta 8003, 8004, 8103, 8104 dan 8202 berasal dari jalur Oimachi, sedangkan tiga kereta lainnya pada rangkaian 8003F berasal dari rangkaian 8025F milik jalur Toyoko.

b. 44 unit kereta jalur Toyoko dialihkan ke Izu Express Electric Railway (Izukyuko) dengan stamformasi berikut:

- Rangkaian TA

TA1 => KuHa 8011 - MoHa 8201 - KuMoHa 8157, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8112 - DeHa 8138
TA2 => KuHa 8012 - MoHa 8202 - KuMoHa 8151, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8130- DeHa 8155
TA3 => KuHa 8013 - MoHa 8203 - KuMoHa 8153, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8151- DeHa 8121
TA4 => KuHa 8014 - MoHa 8204 - KuMoHa 8154, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8153- DeHa 8123
TA5 => KuHa 8015 - MoHa 8205 - KuMoHa 8155, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8124- DeHa 8126
TA6 => KuHa 8016 - MoHa 8206 - KuMoHa 8156, berasal dari kereta KuHa 8011 - DeHa 8114- DeHa 8132
TA7 => KuHa 8017 - MoHa 8207 - KuMoHa 8152, berasal dari kereta KuHa 8015 - DeHa 8116 - DeHa 8723
TA8 => KuHa 8018 - MoHa 8208 - KuMoHa 8158, berasal dari kereta KuHa 8019 - DeHa 8118- DeHa 8136

- Rangkaian TB

TB1 => KuMoHa 8257 - MoHa 8101 - KuHa 8001, berasal dari kereta KuHa 8017 - DeHa 8111 - KuHa 8012
TB2 => KuMoHa 8251 - MoHa 8102 - KuHa 8002, berasal dari kereta KuHa 8035 - DeHa 8129 - KuHa 8030
TB3 => KuMoHa 8253 - MoHa 8103 - KuHa 8003, berasal dari kereta KuHa 8021 - DeHa 8150 - KuHa 8044
TB4 => KuMoHa 8254 - MoHa 8104 - KuHa 8004, berasal dari kereta KuHa 8033 - DeHa 8157 - KuHa 8034
TB5 => KuMoHa 8255 - MoHa 8105 - KuHa 8005, berasal dari kereta KuHa 8025 - DeHa 8123 - KuHa 8024
TB6 => KuMoHa 8256 - MoHa 8106 - KuHa 8006, berasal dari kereta KuHa 8031 - DeHa 8113 - KuHa 8014
TB7 => KuMoHa 8252 - MoHa 8107 - KuHa 8007, berasal dari kereta KuHa 8049 - DeHa 8115 - KuHa 8016

di mana kereta 8723 berasal dari rangkaian KRL Tokyu 8500 seri 8617F, dan kereta KuMoHa 815x merupakan kereta modifikasi yang dilengkapi kabin masinis.

Kereta KuMoHa 825x juga turut dimodifikasi dengan mengurangi satu boks pendingin dan memodifikasinya menjadi pantograf berjenis single-arm.

c. Sisa kereta yang tidak lagi dioperasikan seluruhnya telah dirucat oleh pihak Tokyu agar suku cadang bagi kereta sejenis yang masih dioperasikan tetap tersedia.

Demikian artikel tentang KRL Tokyu 8000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

1 komentar: