KRL ini dipesan dengan jumlah 160 unit kereta yang mana setiap rangkaian memiliki 10 unit kereta, sehingga total rangkaian yang dipesan adalah 16 rangkaian yang akan menggantikan operasional unit E651 dan E653 sebagai layanan Narita Limited Express, di mana kedua seri KRL itu dioperasikan sebagai Super Hitachi dan Fresh Hitachi dengan jenis layanan ekspres terbatas (limited express, dalam bahasa Jepang disebut "特急"/tokkyu).
Memiliki 6 unit kereta bermotor traksi dari 10 unit kereta dalam 1 rangkaian, KRL ini dirakit dengan bodi dasar alumunium alloy yang mana 5 unit pertama telah selesai dirakit oleh Kinki Nippon Car Corporation, sedangkan unit sisanya masih dalam tahap perakitan.
Foto unit yang sudah selesai dirakit:
Kereta 1 (TC)
Kereta 2 (M1)
Kereta 4 (T)
Kereta 5 (T1, green car)
5 unit pertama
Spesifikasi awal JR 657:
1. Formasi/編成 = 10 kereta
2. Kecepatan operasional/営業最高速度 = 130 km/h
3. Kapasitas rangkaian/編成定員 = 600 orang/名
- Kelas biasa/普通車 = 570 orang
- Kelas hijau atau green car/グリン車 = 30 orang
4. Lebar rel/軌間 = 1.067 mm
Formasi 5 kereta pertama:
KuHa 656-1 (TC) - MoHa 657-201 (M1) - MoHa 656-201 (M2) - SaHa 657-1 (T) - SaRo 657-1 (T1)
Hingga saat ini penulis masih mencoba untuk mencari spesifikasi dan formasi lengkap dari unit KRL ini, apabila ada yang mengetahuinya silakan berikan melalui fasilitas komentar yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar