Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-11-24

Tokyu 7000 Batch 1 (seri awal) - - 東急7000系 (初代)

Tokyu 7000 merupakan rangkaian kereta api rel listrik (KRL) yang dioperasikan di jalur Tokyu Meguro dari stasiun Meguro atau Shibuya hingga stasiun Kamata, yang mana keseluruhan unitnya berjumlah 140 unit kereta, dan memiliki formasi bervariasi antara 2 kereta, 4 kereta, 6 kereta dan 8 kereta.

KRL ini memiliki tiga pintu untuk ruang penumpang, tiga pintu untuk akses ke dalam kabin masinis dan satu pintu di bagian muka kabin untuk memenuhi persyaratan kereta bawah tanah, di mana sistem penggerak kereta ini menggunakan kendali hambatan elektrik atau rheostatik yang dilengkapi dengan motor generator (MG).

Semua kereta pada KRL Tokyu 7000 merupakan kereta bermotor traksi, di mana kereta yang dilengkapi pantograf disebut dengan M1 atau M1C dan kereta tanpa pantograf disebut dengan M2 atau M2C.

Foto KRL Tokyu 7000:

Tokyu 7000 (Mizuma Railway)


Tokyu 7000 (Hokuriku Railway)


KRL jenis ini dirakit oleh Tokyu Car Corporation, dengan bodi dasar baja tahan karat (stainless steel) yang memiliki spesifikasi berikut ini:

1. Formasi/編成 :
- 2, 4, 6, 8 kereta/2, 4, 6, 8 両編成

2. Percepatan/起動加速度 : 4,0 km/h/s

3. Kecepatan operasional/営業最高速度 : 90 km/h

4. Kecepatan maksimum/設計最高速度 : 110 km/h

5. Perlambatan/減速度 :
- 4,0 km/h/s(biasa/常用最大)
- 4,5 km/h/s (darurat/非常)

6. Kapasitas per kereta/車両定員 :
- Ujung/先頭車: 140 orang/人 (52 tempat duduk/座席)
- Tengah/中間車: 150 orang/人 (60 tempat duduk/座席)

7. Panjang kereta/全長 : 18.000 mm (18 m)

8. Lebar kereta/全幅 : 2.800 mm (2,8 m),

9. Tinggi kereta/全高 : 3.880 mm (3,88 m)

10. Massa per kereta/車両質量 : 27,18 - 28,15 ton

11. Lebar rel/軌間 : 1.067 mm

12. Mode kelistrikan/電気方式 : 1.500 V DC sistem aliran atas (1.500 V 直流、架空電車線方式)

13. Gear ratio/歯車比 : 85:13 (6,54)

14. Pengendali/制御装置 : Kendali hambatan elektrik berporos (rheostatik)/電動カム軸式抵抗制御

15. Drive unit/駆動装置 : Gardan paralel berongga/中空軸平行カルダン駆動方式

16. Bogie/台車 : PIII-701 jenis pioneer gombush/ゴムブッシュ式パイオニアIII形 (PⅢ-701形)

17. Sistem pengereman/ブレーキ方式: ATC dengan pengereman elektrik regeneratif/ATC連動電気指令式空気ブレーキ

18. Sistem keamanan/保安装置: Eidan WS-ATC, Tokyu ATS

19. Tahun pembuatan/製造年 : 1962 (Showa 37/昭和37年)

Stamformasi Tokyu 7000 antara lain:
  • DeHa 7100 (M2C) - DeHa 7000 (M1C) (untuk rangkaian 2 kereta);
  • DeHa 7100 (M2C) - DeHa 7000 (M1) - DeHa 7100 (M2) - DeHa 7000 (M1C) (untuk rangkaian 4 kereta);
  • DeHa 7100 (M2C) - DeHa 7000 (M1) - DeHa 7100 (M2) - DeHa 7000 (M1) - DeHa 7100 (M2) - DeHa 7000 (M1C) (untuk rangkaian 6 kereta);
  • DeHa 7100 (M2C) - DeHa 7000 (M1) - DeHa 7100 (M2) - DeHa 7000 (M1C) + DeHa 7100 (M2C)- DeHa 7000 (M1) - DeHa 7100 (M2) - DeHa 7000 (M1C) (untuk rangkaian 8 kereta).
Keterangan:

M1 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak dan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas)
M2 = kereta tengah dengan motor traksi penggerak tanpa pantograf
M1C = kereta dengan motor traksi penggerak, dengan pantograf (alat pengambil arus dari kabel listrik aliran atas), dan kabin masinis
M2C = kereta dengan motor traksi penggerak, berkabin masinis, namun tanpa pantograf

Catatan:

a. Lima set rangkaian 2 kereta dan dua set rangkaian tiga kereta telah dijual ke Fukushima Kotsu dengan stamformasi berikut:

Rangkaian dua kereta (M1C - M2C)
7101F => DeHa 7101 - DeHa 7202, berasal dari kereta DeHa 7126 - DeHa 7125
7103F => DeHa 7103 - DeHa 7204, berasal dari kereta DeHa 7124 - DeHa 7157
7105F => DeHa 7105 - DeHa 7206, berasal dari kereta DeHa 7158 - DeHa 7123
7107F => DeHa 7107 - DeHa 7208, berasal dari kereta DeHa 7116 - DeHa 7147
7109F => DeHa 7109 - DeHa 7210, berasal dari kereta DeHa 7148 - DeHa 7115

Rangkaian tiga kereta (M1C - T - M2C)
7111F => DeHa 7111 - SaHa 7316 - DeHa 7212, berasal dari kereta DeHa 7118 - DeHa 7134 - DeHa 7117
7113F => DeHa 7113 - SaHa 7315 - DeHa 7214, berasal dari kereta DeHa 7140 - DeHa 7107 - DeHa 7129

di mana semua kereta ujung adalah kereta modifikasi berkabin masinis.

b. Selanjutnya, terdapat juga 5 set yang dijual ke Hokuriku Railway dengan stamformasi berikut (MC - TC):
7001F => MoHa 7001 - KuHa 7011, berasal dari kereta DeHa 7050- DeHa 7049
7101F => MoHa 7101 - KuHa 7111, berasal dari kereta DeHa 7054 - DeHa 7053
7102F => MoHa 7102 - KuHa 7112, berasal dari kereta DeHa 7056 - DeHa 7055
7201F => MoHa 7201 - KuHa 7211, berasal dari kereta DeHa 7136 - DeHa 7137
7202F => MoHa 7202 - KuHa 7212, berasal dari kereta DeHa 7138 - DeHa 7135

c. 5 set Tokyu 7000 ini juga masih beroperasi di Mizuma Railway dengan nomor seri 1000, yang memiliki stamformasi berikut ini (M1C - M2C):
1001F (7002F) => DeHa 1001/7002 - DeHa 1002/7102, berasal dari kereta DeHa 7008 - DeHa 7007
1003F (7001F) => DeHa 1003/7001 - DeHa 1004/7101, berasal dari kereta DeHa 7010 - DeHa 7009
7003F => DeHa 7003 - DeHa 7103, berasal dari kereta DeHa 7012 - DeHa 7011
1005F (7051F) => DeHa 1005/7051 - DeHa 1006/7151, berasal dari kereta DeHa 7128 - DeHa 7127
1007F (7052F) => DeHa 1007/7052 - DeHa 1008/7152, berasal dari kereta DeHa 7110 - DeHa 7139

di mana setiap kereta pada rangkaian 1005F dan 1007F merupakan kereta modifikasi yang dilengkapi kabin masinis.

d. Selain itu, terdapat juga 4 set rangkaian seri 7000 dengan 4 kereta (yang kini telah dirucat) di Chichibu Railway dengan stamformasi berikut (M2C - M1 - M2 - M1C):
2001F => DeHa 2301 - DeHa 2201 - DeHa 2101 - DeHa 2001, berasal dari kereta DeHa 7036 - DeHa 7159 - DeHa 7160 - DeHa 7017
2002F => DeHa 2302 - DeHa 2202 - DeHa 2102 - DeHa 2002, berasal dari kereta DeHa 7016 - DeHa 7161 - DeHa 7162 - DeHa 7035
2003F => DeHa 2303 - DeHa 2203 - DeHa 2103 - DeHa 2003, berasal dari kereta DeHa 7022 - DeHa 7121 - DeHa 7170 - DeHa 7021
2004F => DeHa 2304 - DeHa 2204 - DeHa 2104 - DeHa 2004, berasal dari kereta DeHa 7028 - DeHa 7145 - DeHa 7146 - DeHa 7061

Demikian artikel tentang KRL Tokyu 7000 ini, semoga informasi yang penulis berikan bermanfaat bagi pembaca.

Apabila ada tulisan penulis yang salah berdasarkan literatur lainnya mohon berkomentar untuk memberi koreksi atas tulisan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar