Selamat Datang! Anda adalah pengunjung ke - ようこそ! あなたは人目のお客様に:

2010-07-19

Menjemput KRL Eks Tokyo Metro 7000 - 7123F di Manggarai

Barangkali inilah pengalaman yang tak akan terlupakan sepanjang hidup saya, di mana saya berhasil melihat secara langsung detik-detik kedatangan kereta api rel listrik (KRL) eks Tokyo Metro 7000 seri 7123F di stasiun Manggarai pada 15 Juli lalu.

Penulis berangkat dari stasiun Pondok Cina sekitar pukul 3 sore dan sempat kehilangan kontak karena saya lupa membawa ponsel yang tertinggal di kamar kost, dan saya meluncur ke arah Manggarai dengan KRL ekonomi rheostatik mild steel jurusan Manggarai.

Untungnya, saya baru diberitahu bahwa Tokyo Metro 7000 dari Tanjung Priok baru akan datang sekitar jam 4 sore, dan satu jam saya manfaatkan untuk hunting foto dan berkumpul bersama di sekitar stasiun Manggarai. KA yang lewat pun silih berganti, di antaranya adalah Argo Parahyangan dan Argo Sindoro dari Gambir.

Sekitar pukul 4.15 sore, 5 kereta pertama dari rangkaian eks Tokyo Metro 7000 seri 7123F yaitu 7123, 7223, 7323, 7423, dan 7523 pun datang dari arah tikungan Gunung Antang Jatinegara dengan didorong lokomotif CC 20313 yang berada pada posisi long hood, dan berhenti di jalur 8 stasiun Manggarai untuk memberi kesempatan pada penggemar kereta api yang ingin melihat interior dari KRL tersebut. Sejumlah penggemar kereta api (railfans) termasuk penulis berhasil mendapatkan peta asli Tokyo Metro dan beberapa stiker dari dalam KRL tersebut.

Tidak lama kemudian, penulis dan rombongan penggemar kereta api yang masih berada di dalam diminta untuk turun karena kereta tersebut akan dilangsir ke Balai Yasa Manggarai dengan didorong lokomotif diesel hidrolik buatan Krupp Jerman yaitu D 30121, dan setelah kelima kereta memasuki Balai Yasa maka petugas Balai Yasa segera menutup pintu akses masuk dengan alasan keamanan.

Malam harinya, sisa lima kereta yang baru diturunkan dari kapal dibawa dengan unit KRD Bumi Geulis menuju Manggarai, yang mana prosesinya sama dengan prosesi lima kereta sebelumnya namun tanpa kehadiran railfans.

Dokumentasi dari railfans lainnya:







Terima kasih kepada semua pihak yang sudah bersedia meluangkan waktu untuk mengikuti acara penyambutan KRL tersebut, semoga di kedatangan KRL berikutnya kita bisa bertemu kembali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar