Awalnya, rangkaian 15F ini terdiri dari formasi 6 kereta yaitu MoHa (モハ) 6151 - MoHa (モハ) 6252 - MoHa (モハ) 6155 - MoHa (モハ) 6156 - MoHa (モハ) 6157 - MoHa (モハ) 6158, akan tetapi dalam perjalanan dinasnya rangkaian ini sempat bertabrakan dengan KRL ekonomi jenis Holec sehingga unit 6252 dan 6155 tidak digunakan sampai saat ini dan unit 6151 yang berada paling depan mengalami rusak berat di bagian kabin masinis sehingga harus dijadikan kabin rakitan, sementara unit 6156, 6157 dan 6158 yang tidak terdampak dalam peristiwa itu dicangkokkan ke rangkaian 18F atau 6181F. Dengan hanya 1 kereta tersisa yaitu 6151, rangkaian ini pun mendapat 3 unit kereta hasil cangkokan dari rangkaian 18F yaitu 6175, 6176 dan 6188 yang kemudian dirangkaikan menjadi 4 unit kereta seperti sekarang.
Karena rangkaian ini menjalani proses perawatan akhir di dipo Depok, maka skema warna yang digunakan pada bagian samping pun hampir sama seperti 16F/6161F atau 27F/6271F yaitu biru-kuning, di mana bagian muka kabin (rakitan karena kabin aslinya hancur) didominasi warna putih.
Untuk interiornya, kemungkinan besar skema warna kursi yang digunakan adalah warna biru untuk kereta campur dan warna merah untuk kereta khusus pengguna wanita.
Berikut ini adalah dokumentasi dari Bpk. Budi Surono:
Rangkaian 15F, stasiun Bogor
6000系第15編成、ボゴル駅にで
Demikianlah apa yang dapat penulis sampaikan pada saat ini, sampai bertemu kembali dalam ulasan uji coba rangkaian berikutnya di lain kesempatan.
Kabar berikutnya yang penulis telah peroleh adalah rangkaian 28F (6281F) sedang menjalani perawatan akhir lengkap di dipo Depok, yang mana rangkaian ini merupakan legenda dari jalur Serpong karena pernah dioperasikan khusus sebagai ekonomi AC Ciujung.
Kabar berikutnya yang penulis telah peroleh adalah rangkaian 28F (6281F) sedang menjalani perawatan akhir lengkap di dipo Depok, yang mana rangkaian ini merupakan legenda dari jalur Serpong karena pernah dioperasikan khusus sebagai ekonomi AC Ciujung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar